News

Desain Mobil Listrik Garuda Kencana oleh Garuda UNY Team Juara 3 pada PLN Innovation and Electricity (ICE) 2021

(Jumat, 25 Juni 2021) Garuda UNY Team kembali mengharumkan nama baik Universitas Negeri Yogyakarta di kancah nasional  pada kompetisi PLN ICE (Innovation and Competition in Electricity) 2021 yang diumumkan pada Kamis, 24 Juni 2021. Dari total 412 tim yang berasal dari universitas dan komunitas di Indonesia, Garuda UNY Team berhasil masuk 15 besar kategori desain mobil yang selanjutnya melaju ke babak presentasi  final dan akhirnya keluar sebagai juara 3 kategori desain mobil.

PLN ICE 2021 merupakan program CSR PLN berupa kompetisi dari mahasiswa dan masyarakat tentang inovasi teknologi bertenaga listrik. Untuk pertama kalinya Garuda UNY Team berpartisipasi dalam kompetisi ini dengan mengusung mobil listrik yang bernama Garuda Kencana. Menurut manager tim, Kesit Bayu Purnomo yang berasal dari jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, usaha yang telah dilakukan oleh tim selama 2 bulan ini  berupa mempelajari panduan dan konsep kompetisi, selanjutnya menentukan target dari mobil yang akan didesain, dan mulai merancang desainnya. “Dalam merancang desain mobil Garuda Kencana, semua bagian harus singkron termasuk bagian otomotif dengan kelistrikannya” kata Kesit.

Kesit juga menyatakan bahwa keunggulan dari Garuda Kencana adalah kendaraan listrik ini sangat efisien. Berat mobil Garuda Kencana hanya 316 kg, jika dibandingkan dengan mobil yang saat ini beredar di pasaran maka mobil ini memliki berat yang termasuk kategori ringan. Selain itu mobil ini memiliki coefficient of drag dengan nilai yang kecil yaitu 0,28, nilai ini membuat kendaraan memiliki tahanan angin yang kecil. Adapun tantangan yang dihadapi oleh tim selama mempersiapkan kompetisi di masa pandemi ini adalah tim dituntut merancang kendaraan listrik komersial. Garuda UNY Team yang biasanya hanya fokus pada aspek teknik mobil, pada kompetisi ini dituntut untuk mengalanisis secara mendalam tentang regulasi dan marketing dari mobil yang didesain. Selain itu, pada final kompetisi ini tim harus menjelaskan desain mobilnya secara lengkap dan padat dengan waktu hanya 10 menit yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan juri.

Dengan mendapatkan juara 3 pada kompetisi PLN ICE 2021 kategori desain mobil listrik ini, Kesit merasa bahagia karena usaha yang telah dilakukan membuahkan hasil. Hal ini juga membangkitkan semangat tim untuk mempersiapkan kompetisi lainnya walaupun masih dalam masa pandemi. Kesit berharap, teknologi yang sudah ada pada Garuda Kencana dapat dikembangkan lagi dan dapat dilakukan manufaktur kendaraan real.

(Taw)

Leave a Reply