News

(Senin, 14/6) Garuda UNY Team (GUT) telah selesai melaksanakan tahap final pada kompetisi yang baru diikuti pada tahun 2021 ini. Kompetisi ini bernama PLN ICE 2021(Innovation & Competition in Electricity) dan bertujuan untuk mengumpulkan ide terbaik dari kalangan mahasiswa & masyarakat melalui seleksi ide inovasi ketenagalistrikan dan kemudian dikembangkan untuk diproduksi serta digunakan oleh masyarakat.


Tahap final yang dilaksanakan yaitu dengan mempresentasikan hasil dari proposal kendaraan listrik yang telah rancang oleh GUT dalam 3 bulan terakhir. Kompetisi ini dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia dengan total 412 proposal yang terkumpul. Tiap tim yang mewakili untuk menjadi tim inti beranggotakan 5 orang dari universitas yang sama.


Garuda UNY Team berhasil menempati 15 terbaik dari 45 tim yang mendaftar dalam katergori kendaraan listrik (mobil) dan sekaligus memiliki kesempatan untuk mempresentasikan hasil rancangan kepada juri. Walaupun hasil masih akan keluar 1 minggu setelah presentasi dilaksanakan, namun seluruh tim GUT masih sangat bersemangat untuk menunggu hasil sembari melakukan pengembangan pada kompetisi-kompetisi lain yang juga dipersiapkan untuk tahun ini, yaitu KMHE 2021. Selain itu, GUT juga sekaligus menyiapkan kegiatan yang dibuat untuk siswa SMA dan SMK, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi siswa SMA/K untuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah di lingkungan sekitar dalam bentuk karya tulis ilmiah terlebih di masa pandemi ini siswa diharapkan tetap dapat mengembangkan kemampuan berinovasi dan meraih prestasi.
Kompetisi kali ini membutuhkan skill yang berbeda dari biasanya, karena kompetisi hanya dilakukan secara daring. Akan tetapi, hal tersebut tidak menyurutkan semangat seluruh anggota GUT untuk terus melanjutkan apa yang biasanya dilakukan saat kompetisi. Tim berusaha sekuat tenaga untuk memberikan hasil yang terbaik dan terus mengharumkan nama Garuda UNY Team dan juga Universitas Negeri Yogyakarta yang selalu mendukung penuh setiap kegiatan yang dilakukan oleh Garuda UNY Team di dalam maupun di luar negeri. (Lit/ais)

Leave a Reply