News

(Senin, 08 Februari 2021) Sebanyak 318 peserta SMA/SMK-sederajat dan Mahasiswa telah mengikuti Webinar & Virtual Launching Garuda UG-20 via zoom platform oleh Garuda UNY Team. Menghadirkan 3 pembicara kondang dibidangnya, acara ini terselenggara dengan sukses dan dihadiri oleh peserta yang berasal lebih dari 10 provinsi di Indonesia, tamu undangan, sponsor, dan media partners.

Mengangkat tema “Preparing Youth to Synergize for Global Energy Challenges”, Webinar & Virtual Launching Garuda UG-20 ini bertujuan untuk menggaungkan semangat pemuda di seluruh Indonesia untuk bersinergi dalam menjawab tantangan energi terbarukan. Menyasar pada siswa SMA/SMK-sederajat dan Mahasiswa dari seluruh Indonesia, Garuda UNY Team menghadirkan 3 pembicara luar biasa. Pembicara pertama berasal dari Shell Indonesia yang diwakilkan oleh Ibu Anita Setyorini yang merupakan Social Investment Advisor di PT Shell Indonesia, memaparkan materi dengan sub-tema “Empowering Youth to Renewable Energy”. Pembicara ke-2 merupakan alumni Public Relations Garuda UNY Team pada tahun 2015, Bp. Rahmat Hidayat Asri, S.I.Kom. yang saat ini menjabat sebagai Senior Corporate Communications Staff di Elnusa Petrofin. Pada kesempatan yang luar biasa ini beliau memparkan materi dengan sub-tema “Communications to Branding and Convey Value”. Beranjak ke pembicara ke-3 yang tidak kalah hebatnya yaitu Bp. Dr. Ir. Agus Puji Prasetyono, M.Eng., IPU yang merupakan Dewan Energi Nasional (DEN) Republik Indonesia, memaparkan materi dengan sub-tema “Point of View Renewable Energy from Government”.

Selain dihadiri oleh tamu undangan yang terdiri dari jajaran universitas, dekanat Universitas Negeri Yogyakarta, sponsor, dan media partners dari Harian Jogja dan Good News from Indonesia, peserta dari acara ini juga berasal dari luar Indonesia. Pasalnya, Garuda UNY Team juga mengundang mahasiswa dari Universiti Malaysia Pahang, Malaysia dan Aerospace University, Russia untuk turut berpartisipasi dalam acara yang luar biasa tersebut. Selama jalannya acara, kolom QnA ramai oleh pertanyaan-pertanyaan dari peserta bahkan jajaran di Universitas Negeri Yogyakarta. Hal ini menunjukan bahwa antusias dari peserta yang sangat tinggi mendorong mereka untuk mengetahui lebih lanjut mengenai energi terbarukan. Disamping itu, tim juga meyediakan E-sertifikat bagi seluruh peserta, pembicara, dan tamu undangan termasuk pihak sponsor dan media partners yang turut hadir dalam acara tersebut.

            Menghadirkan pembicara-pembicara kondang dibidangnya relevan dengan tema yang diangkat dalam acara Webinar & Virtual Launching Garuda UG-20 ini, sisi menarik lainnya ada pada bagian dimana setelah acara webinar itu selesai akan dilanjutkan dengan Launching Kendaraan Garuda UG-20. Garuda UG-20 sendiri merupakan mobil karya Garuda UNY Team, dimana pada masa pandemic seperti saat ini tim masih mampu menciptakan mobil kendaraan yang hemat energi dan ramah lingkungan. Dalam proses pembuatan mobil tersebut, tentunya tim tetap memperhatikan dan menaati protokol kesehatan yang ada, sehingga pada 28 Februari yang lalu tim dapat eksis dengan me-launching Garuda UG-20 yang akan digunakan untuk mengikuti kompetisi Virtual Technical Inspection, Shell Eco-Marathon beberapa waktu yang akan datang.

            Webinar & Virtual Launcing Garuda UG-20 mendapat tanggapan postifif dari beberapa pihak salah satunya berasal dari Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A yang merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik. Dalam sambutannya mewakili Rektor Universitas Negeri Yogyakarta yang berhalangan hadir kala itu, beliau mengatakan bahwa “Sesuai dengan arahan Mendikbud yaitu indikator kinerja utama, mahasiswa harus punya pengalaman yang luar biasa di luar kampus. Sehingga dengan kegiatan webinar ini tentunya dapat memberikan inspirasi kepada para mahasiswa serta bapak ibu dosen yang mendampingi serta peserta webinar untuk bersama-sama bersinergi dalam rangka untuk memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para mahsiswa, sehingga teori-teori yang disampaikan pembicara tidak berhenti di long-term memory, akan tetapi harus di implementasikan untuk menjadi produk-produk yang dapat dilakukan hilirisasi kepada masyarakat. Sehingga hal itu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan juga untuk membawa marwah UNY dan Indonesia ke kancah dunia”.

Garuda UNY Team juga berharap, bahwa acara ini dapat memberikan pengetahuan dan semangat bagi generasi penerus bangsa untuk terus berinovasi dalam menjawab tantangan energi terbarukan sekarang dan dimasa yang akan datang.

Garuda UNY Team, Let’s Fly High!

(Nung, Han)

Leave a Reply