News

Tak henti-hentinya, prestasi membanggakan kembali ditorehkan Garuda UNY Team dikancah internasional. Berkat kekompakan tim, Garuda UNY mampu meraih Juara 1 Regional Asia and Middle East dalam kompetisi virtual yaitu Bonus Challenge. Hal ini menjadi ladang kesuksesan besar-besaran bagi Garuda UNY Team, bahwasanya tim mengantongi 50points tambahan dalam virtual league Kompetisi Shell Eco-Marathon 2021. Kompetisi Bonus Challenge merupakan kompetisi kejutan yang disiapkan oleh Shell Eco-Marathon, dimana tanggal kompetisi yang tidak diumumkan jauh-jauh hari seperti kompetisi lainnya.

Kompetisi ini berkonsep kuis via mentimeter, dimana 5 besar pemenang akan mendapatkan poin virtual league. Diikuti oleh seluruh tim berdasarkan regionalnya masing-masing, kompetisi ini dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2021 secara virtual via mentimeter dan youtube. Pengumuman juara diumumkan oleh General Manager Shell Eco-Marathon, Norman Koch dihari selanjutnya.

Mengintip kesiapan tim dalam mengikuti kompetisi ini, persiapan tim dimulai dengan pembagian tugas anggota tim, kemudian mencari sumber-sumber literasi sesuai dengan kategori yang dilombakan, dan berlatih dengan soal yang telah dibuat. Karena kekompakan tim, alhamdulillah tim mampu mempersiapkan segala kondisi dengan matang sehingga dapat meraih Juara 1 Regional Asia and Middle East.

Garuda UNY Team menduduki peringkat teratas di Regional Asia and Middle East dengan capaian 50points yang disusul oleh beberapa tim lainnya seperti Tim NV11 dari Universitas Nanyang, Singapura yang menduduki peringkat ke-2 dengan 25points, peringkat ke-3 Tim Semar Proto dari Universitas Gadjah Mada, Indonesia dengan 20points, peringkat ke-4 Tim DJS Miles, India dengan 15points, dan peringkat ke-5 De La Salle University Eco Car Team dari Filipina dengan 10points.

Selain Regional Asia, di Regional Europe&Africa terdapat Prometheus Eco Racing dari National Technical University of Athens dan KON Team dari Universidad de Ingenieria y Tecnologia untuk Regional Americas. Seperti Garuda UNY Team, kedua tim tersebut juga meraih tambahan poin sebesar 50points dalam virtual league Shell Eco-Marathon 2021.

”Senang dan bangga itu pasti. Akhirnya bendera Indonesia dapat naik lagi di kompetisi ini. Alhamdulillah tim sangat kompak dalam mempersiapkan segala yang dibutuhkan, sampai pada saat hari-H lomba. Berangkat dari hasil ini, semoga tim lebih semangat lagi dalam menyiapkan kompetisi-kompetisi berikutnya” Ucap Manager Shell Eco-Marathon Garuda UNY Team, Ahmad Yoga Pradana.

Pengumuman juara Kompetisi Bonus Challenge bisa diakses pada laman: https://www.instagram.com/p/CKWe5hMMPUR/?igshid=92oyu42jiryc

(Han)

Leave a Reply