News

(Senin, 30/11/2020) Prestasi luar biasa kembali ditorehkan Garuda UNY Team dalam ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020 yang dilaksanakan secara daring di Universitas Indonesia pada 26-30 November 2020. Dalam KMHE 2020 ini Garuda UNY Team berhasil membawa nama baik UNY, dengan raihan dua gelar juara yaitu juara 1 Kriteria Internal Combustion Engine dan Transmisi serta Juara 3 Kriteria Overall pada hari Senin, 30 November 2020.

Tahapan demi tahapan telah dilalui oleh tim. Bukan hal mudah untuk mencapai titik keberhasilan yang luar biasa ini mengingat tim diadukan dengan lawan yang apik dibidangnya pada 27-28 November 2020.  Meskipun masih dalam suasana pandemic, Garuda UNY Team tetap berinovasi dan mempersiapkan semua kompetisi dengan maksimal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Derawal dari melakukan pendaftaran sebagai peserta KMHE 2020, merancang desain kendaraan dan sebagainya, menyusunan laporan desain kendaraan dengan sangat teliti, dinobatkan sebagai finalis Kriteria Internal Combustion Engine dan Transmisi serta Kriteria Overall hingga menyiapkan presentasi sebagai finalis dengan waktu terbatas, kini Garuda UNY Team patut berbangga atas capaian yang diraih melalui usaha kerasnya. Bahwasanya, tim mampu melalui tahap demi tahap yang diberikan oleh penyelenggara KMHE 2020 dan menjadi yang terbaik dari yang terbaik di masa pandemi ini.

Dalam KMHE 2020 yang bertema “Energi Untuk Negeri” ini, Garuda UNY Team berkompetisi dengan 110 tim lain dari 74 perguruan tinggi se-Indonesia. Kontes ini dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori prototype dan urban concept. Kedua kategori tersebut juga memiliki beberapa kriteria yang dilombakan diantaranya Kritera Perancangan Aerodinamika Body, Kriteria Perancangan Body dan Sasis, Kriteri Sistem Kemudi dan Pengereman, Kriteria Internal Combustion Engine dan Transmsi, Kriteria Motor Listrik dan Sistem Kontrol, Kriterian Rancangan Proses dan Manajemen Produksi, dan Kriteria Overall. Garuda UNY Team sendiri menjuarai desain kendaraan Kategori Urban Concept pada Kriteria 4 yaitu Internal Combustion Engine dan Transmisi serta Kriteria Overall.

Manager KMHE GUT 2020, Kesit Bayu Purnomo merupakan mahasiswa otomotif semester 3, mengatakan bahwa meski masih dalam masa pandemic, namun koordinasi tim tetap solid dan kompak. Dalam hal ini advisor juga sangat berperan dalam memantau progress pekerjaan tim. Adapun tantangan yang dialami GUT dalam kompetisi ini adalah harus bisa belajar hal baru dengan cepat dan mengejar target karena KMHE pada tahun sebelumnya diadakan offline.

Harapan sang manajer KMHE 2020 dan tim, semoga dengan mengikuti kompetisi KMHE dengan hasil seperti ini maka tantangan kedepan harus bisa mempertahankan juara dan mengembangkan inovasi. Terlebih setelah KMHE ini Garuda UNY Team harus mempersiapkan diri untuk kompetisi selanjutnya yaitu Shell Eco-Marathon (SEM), Student Formula Japan (SFJ), dan International Student Car Competition (ISCC).

Day 1 Pelaksanaan presentasi finalis Kriteria 4 dan Kriteria Overall
Day 2 Pelaksanaan presentasi finalis Kriteria 4 dan Kriteria Overall

(Taw, Han)

Leave a Reply