News

Garuda UNY secara khusus diundang untuk mengisi talkshow dan pameran bertajuk “Inovasi untuk Negeri” Sagasitas Research Exhibition (SRE) yang diselenggarakan di gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) UGM. Acara ini merupakan pameran produk inovasi karya dari siswa-siswa SMA/MA se-DIY. Terhitung terdapat 299 karya yang dipamerkan, yaitu 180 karya penelitian, 107 ide kewirausahaan, dan 12 inovasi teknologi.

Acara yang berlangsung selama 3 hari (22 – 24 Mei) ini juga dimeriahkan oleh karya-karya inovasi mahasiswa DIY, salah satunya adalah Garuda UNY yang mengusung mobil Garuda Urban Gasoline 17. Garuda Urban Gasoline 17 merupakan mobil hemat energi terbaru Garuda UNY Team (GUT) yang meraih peringkat ketiga dalam ajang Shell Eco Marathon Asia 2017 yang diselenggarakan di Singapura. “Tahun ini merupakan tahun ketujuh Sagasitas Research Exhibition. Pada tahun 2017 ini, kami mengangkat tema Inovasi untuk Negeri. Garuda UNY sebagai salah satu inovator di DIY kami undang untuk mengisi talkshow dan pameran.” tutur Joana, panitia SRE.

Stand GUT yang terletak di depan gedung PKKH ramai dipadati pengunjung. Para pengunjung yang merupakan tamu dan peserta SRE banyak bertanya mengenai keunggulan Urban Gasoline 17 dan prestasi GUT. Mereka juga banyak menanyakan mengenai cara proses pembuatan mobil dan proses pengembangannya.

Para pengunjung sangat antusias dengan adanya pameran dari GUT. Kebanyakan pengunjung merupakan para peneliti muda DIY yang telah berhasil lolos dari ribuan peserta lain yang ikut mendaftar ke Sagasitas. Selain pameran karya, para peserta akan melombakan inovasinya ke ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) dan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) bulan Agustus mendatang. (robi)

Leave a Reply