News

Kompetisi International Student Car Competition (ISCC) telah berlangsung dengan sukses pada Jumat – Sabtu (19 – 20) lalu di Proving Ground 200 Samjon-ro, Songsan-myeon, Hwaseong-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan. Dengan membawa trofi Best of the Best dan Best Teamwork, Kedua belas delegasi Garuda UNY Team (GUT) untuk ISCC 2017 kembali ke Indonesia dengan selamat pada Minggu (21/5) lalu. Bertempat di rumah dinas Rektor UNY, para delegasi dan dua advisor disambut hangat oleh jajaran petinggi rektorat, fakultas, perwakilan ormawa, dan seluruh anggota Garuda UNY Team.

Penyambutan tim delegasi diawali dengan pengalungan bunga oleh Bapak Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd, dan Dirjen Kemenristekdikti yang juga Dewan Pengawas UNY, Bapak Dr. Muhamad Dimyati M. Sc, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Pada agenda tersebut Bapak Febrianto Amri Ristadi, M.Eng.Sc, selaku ketua kontingen dan advisor GUT menyampaikan laporan hasil capaian tim delegasi selama kompetisi. Beliau mengungkapkan puji syukur karena telah membawa hasil optimal dengan memperoleh gelar Best of the Best dan Best Teamwork.

“Perolehan ini diperuntukkan kepada Bapak Rektor dan civitas akademika UNY, serta seluruh sposor dan media partner yang telah mendukung tim selama ini.” ungkap beliau.

Seusai penyampaian laporan tim delegasi, agenda dilanjutkan dengan sambutan Bapak Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. Bapak Rektor menyampaikan ucapan selamat kepada tim delegasi yang telah memperoleh hasil yang membanggakan. “Alhamdulilah kita bisa menyambut dengan gegap gempita dan kebanggaan. Ini adalah keberhasilan kita semua.” ucap Bapak Rektor. Beliau tidak lupa mengingatkan pada GUT untuk tetap menjaga kekompakan dan menjaga semangat tim dalam menyiapkan kompetisi-kompetisi yang akan datang. Beliau juga mengingatkan agar mobil beserta prototype yang mereka ciptakan sebagai penelitian ini agar segera dipatenkan dan tim diminta terus mencari kompetisi-kompetisi lain yang lebih menantang.

Selanjutnya, Bapak Dirjen Kemristekdikti dan Dewan Pengawas UNY, Dr. Muhamad Dimyati M. Sc. dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan selamat kepada GUT dan mengingatkan tim mobil UNY untuk tetap bersyukur atas perolehan hasil yang diperoleh. Beliau mengutarakan bahwa ungkapan syukur tidak hanya dalam bentuk ucapan saja, namun juga dituangkan dalam bentuk pengembangan hasil penelitian yang nyata agar berguna untuk masyarakat dan pematenan hasil karya. “Memproduksi satu namun dipakai banyak orang akan lebih bermanfaat daripada membuat banyak namun hanya dipakai segelintir orang,” ungkap beliau. Selain itu, beliau juga menyarankan agar UNY membentuk tim yang bertugas mendata temuan-temuan yang dibuat mahasiswa untuk kemudian ditawarkan kepada industri. Menurut beliau, hal ini akan lebih bermanfaat daripada hanya menjadi tulisan di atas kertas saja.

Penyambutan delegasi ISCC 2017 kemudian diakhiri dengan ramah tamah dan makan bersama. Bapak Rektor sengaja mengundang dua angkringan dan satu wedang ronde langsung dengan gerobaknya untuk menyuguh para tamu. Beliau mengatakan dengan adanya makanan tradisional ini, para delegasi yang seminggu lamanya di Korea Selatan dapat merasakan kembali suasana Indonesia. (fb)

Leave a Reply