News

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang diadakan di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pada 30 Januari lalu. Rakernas 2017 ini dibuka secara langsung oleh Menteri Kemristekdikti, Bapak M. Nasir. Rapat ini bertujuan untuk mempererat dan memperkuat sinergi antara Perguruan Tinggi, Pusat Penelitian, Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK), Industri, dan lembaga terkait lainnya. Rakernas ini dihadiri oleh rektor perguruan tinggi seluruh Indonesia, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta, Pejabat Eselon I dan II Kemristekdikti, dan para pejabat dari lembaga-lembaga yang terkait dengan riset, teknologi, dan perguruan tinggi.

Sebagai salah satu organisasi yang rutin menghasilkan mobil spektakuler, Garuda UNY Team (GUT) ditunjuk langsung oleh Rektor UNY, Bapak Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd untuk mengisi stan di dalam gedung acara. GUT dengan bangga membawa Formula Garuda 16 (FG16), yang pada tahun lalu sukses mengikuti kompetisi Student Formula Japan (SFJ) di Jepang, untuk tampil mengisi stan di rakernas ini. GUT mendapat posisi stan yang dekat dengan pintu masuk, sebuah posisi strategis yang memudahkan siapa saja yang lewat pasti melirik FG16. Bahkan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Bapak M. Nasir, sempat melirik mobil kebanggaan UNY ini meskipun beliau belum dapat menengok lebih lama. Apresiasi untuk GUT juga mengalir dari Bapak Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd yang saat itu juga turut mengikuti rapat kerja.

Langkah GUT untuk mengikuti berbagai pameran merupakan suatu bagian dari promosi tim untuk mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa UNY memiliki potensi hebat dalam bidang riset dan teknologi.  Pada tanggal 2 sampai 5 Februari 2017, GUT juga akan berpartisipasi di acara Indonesia International  Education and Training Expo yang digelar di Jakarta. Selanjutnya, pada tanggal 10 Februari 2017, GUT akan meluncurkan secara resmi mobil baru bernama Garuda Urban Gasoline 17, mobil hemat energi terbaru buatan UNY yang akan berkompetisi di Shell Eco-Marathon pada bulan Maret nanti di Singapura. (fb)

Leave a Reply