News

Pada hari Selasa (27/12) dua orang mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengunjungi Garuda UNY Team (GUT). Kedua mahasiswa tersebut adalah Burhanudin Yusuf (Prodi Pendidikan Teknik Otomotif 2014) dari Creativity and Research Club dibawah naungan Hima Mesin UNNES dan Muhammad Shofiudin (Prodi Pendidikan Teknik Mesin 2014) dari Tim Mobil Pandawa UNNES. Dalam kunjungan yang bertempat di basecamp GUT tersebut, kedua mahasiswa UNNES tersebut mempunyai tujuan untuk berdiskusi mengenai seluk beluk mobil Formula Garuda-16 (FG16) karya tim Garuda UNY dan tentang kompetisi Student Formula Japan (SFJ), yang pada saat diskusi diwakili oleh perwakilan tim Garuda UNY yaitu Deni Restu Widodo (Pendidikan Teknik Otomotif 2014).

Kunjungan dari UNNES ke basecamp GUT merupakan kunjungan pertama kali dari universitas tersebut. UNNES berkunjung untuk mendapat sharing ilmu dan pengalaman dari Tim Garuda UNY yang telah mengikuti kompetisi Student Formula di Jepang pada tahun 2015 dan 2016. Tim mobil Pandawa UNNES mengenal GUT dari Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) yang digelar di Prambanan tahun 2016 dan kemudian tertarik dengan kompetisi Student Formula beserta mobil karya GUT yang diikutkan diajang Student Formula Japan tahun 2016 kemarin.

Dalam kunjungannya ini, UNNES ingin mengetahui mengenai persiapan perlombaan, pembuatan mobil, regenerasi dalam tim, regulasi kompetisi, dan tips-tips mengikuti lomba di luar negeri khususnya kompetisi Student Formula. Hal ini didorong oleh keinginan dari mahasiswa tim mobil Pandawa untuk mengikuti kompetisi Student Formula tingkat Internasional sehingga ingin belajar dari GUT yang sudah pernah mengikuti kompetisi Student Formula dan walaupun terbilang masih tim baru dalam kompetisi Student Formula tapi sudah berhasil mencapai prestasi yang sangat membanggakan untuk Indonesia di awal karirnya mengikuti kompetisi tersebut. Garuda UNY Team berhasil mendapatkan prestasi peringkat 2 Best Rookie, peringkat 5 Efficiency, peringkat 4 Overseas Team, dan peringkat 29 Overall dari 93 tim yang mengikuti kompetisi Student Formula Japan 2015. Tim mobil Pandawa UNNES sendiri untuk saat ini juga tengah mengikuti perlombaan mobil hemat di Jepang.

Deni selaku ketua tim teknis dan perwakilan GUT mengungkapkan, “Tim Garuda sangat terbuka untuk sharing dan berbagi ilmu dengan universitas lain. Kami senang bisa saling berbagi ilmu kepada siapapun yang mau belajar dengan kami. Karena kami (GUT) juga masih terus belajar untuk bisa lebih baik dari tahun ke tahun untuk membanggakan almamater kami dan Indonesia”.

Deni menegaskan bahwa dalam mengikuti kompetisi Student Formula yang diperuntukkan para mahasiswa dari berbagai belahan dunia ini harus disiapkan dengan sangat matang karena kompetisi ini berbeda dari kompetisi mobil yang lain. Regulasi dan semua persyaratan dari kompetisi tersebut menjadi wajib dipahami oleh seluruh tim. Regulasi ini merupakan pedoman utama untuk pembuatan mobil mulai dari desain awal hingga mobil jadi dan berisi semua aturan serta syarat yang dibutuhkan dalam mengikuti kompetisi Student Formula. Tidak hanya persiapan kompetisi dan regulasi, Deni juga menjelaskan terkait mobil Formula Garuda-16 (FG-16) dan juga Garuda Hybrid-16 (GH-16) yang berkompetisi di Korea Selatan. Kedua mobil ini adalah karya mahasiswa UNY (GUT) yang berkompetisi di tingkat internasional dan telah menorehkan prestasi yang membanggakan bagi Indonesia. (Dn)

Leave a Reply