News

Regenerasi adalah hal yang mutlak dilakukan untuk menjaga eksistensi dan mencegah degradasi suatu kelompok. Dengan adanya regenerasi yang sukses maka bisa dipastikan bahwa suatu kelompok akan tetap ada dan semakin berkembang sesuai tuntutan zaman. Untuk mengupayakan adanya regenerasi sukses tersebut maka pada Minggu (18/12) Garuda UNY Tim (GUT) mengadakan workshop divisi sebagai bagian dari regenerasi ke anggota-anggota barunya. Workhop ini diadakan di RM2 jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, FT, UNY. Acara ini adalah lanjutan dari workshop regulasi yang diadakan di hari sebelumnya. Pada workshop ini, para anggota baru dikelompokkan sesuai divisinya. Adapun divisi yang ada yaitu automotive designer, power plan engineer, SBS (steering, brake, and suspension), drivetrain engineer, electrical engineer, machining and construction, chassis engineer, autobody engineer, public relation officer, dan administration officer. Kesepuluh divisi ini dipandu langsung oleh para alumni dan senior GUT.

Acara yang dimulai pukul 9 pagi ini dibuka dengan sambutan dari advisor GUT yaitu Bapak Dr. Zainal Arifin, M.T. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pengelompokkan anggota tiap divisi dan pembagian ruang. Workshop perdivisi ini tidak diadakan dalam satu ruang, melainkan di berbagai tempat sesuai dengan kebutuhan tiap divisi. Setelah semua divisi selesai melakukan workshop internal, anggota-anggota GUT kemudian dikumpulkan kembali ke RM2 untuk evaluasi dan penutupan. Dalam evaluasi dan penutupan ini, ada pesan khusus yang disampaikan oleh TIM, yaitu untuk rajin membuat tulisan setelah melakukan berbagai kegiatan.  “Setelah kalian melakukan suatu kegiatan, tolong biasakan untuk melaporkannya dalam bentuk tulisan, karena itulah yang akan memberikan kalian besok yang namanya beasiswa. Seperti contohnya, hanya dengan paper mengenai tim ini kalian bisa mendapatkan beasiswa LPDP. Tulisan kalian juga adalah sebagai bentuk tanggung jawab kalian terhadap negara yang telah membiayai semua kegiatan kalian.” Selain itu, TIM tidak lupa berpesan, “Tetap jaga semangat kalian, tetap jaga kekompakan kalian bagaimanapun tekanan yang kalian terima. Dengan menjaga kekompakan kalian, kami yakin kalian dapat mengalahkan tim-tim di Eropa.”

Workshop divisi tidak hanya untuk mengenalkan tugas dan kewajiban setiap divisi kepada para anggota baru, namun juga sebagai motivasi bagi mereka untuk tetap berkiprah dan tidak drop out ditengah jalan. Dari workshop divisi ini, para anggota baru juga dapat belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan di tim serta ilmu yang diberikan oleh para senior GUT dapat dijadikan pengetahuan dasar bagi para anggota baru untuk dapat membuat dan mengembangkan kendaraan yang lebih baik. (fb)

Leave a Reply