News

Garuda UNY Team (GUT) telah mulai mempersiapkan para anggotanya untuk perlombaan mobil tahun 2017. Persiapan awal dilakukan melalui workshop regulasi. Workshop regulasi merupakan acara rutin yang diadakan setiap akhir tahun bagi para anggota baru dan anggota senior GUT dengan tujuan memahamkan tim akan peraturan dan persyaratan berbagai kompetisi mobil yang akan diikuti. Dalam workshop ini, para anggota baru dan anggota lama GUT bersama – sama menginterpretasi dan mendiskusikan regulasi sehingga mobil yang akan dilombakan nantinya memenuhi persyaratan dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh penyelenggara lomba. Regulasi yang dibahas meliputi regulasi Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE), Formula Society of Automotive Engineers (FSAE), International Student Car Competition (ISCC), dan Shell Eco-marathon (SEM). Keempat regulasi tersebut dibedah untuk dipresentasikan dipertemuan ketiga workshop.

Workshop regulasi ini dilaksanakan dalam tiga pertemuan tertanggal 11, 12, dan 17 Desember 2016 dan bertempat di ruang RM 1 jurusan Pendidikan Teknik Otomotif UNY. Dua pertemuan pertama workshop membahas mengenai pengintepretasian regulasi dan di pertemuan ketiga mempresentasikan regulasi yang telah dibahas di dua hari sebelumnya. Dalam workshop ini, tim dibagi menjadi empat kelompok yang terdiri dari anggota lama dan anggota baru GUT. Kelompok – kelompok ini diberi regulasi lomba yang berbeda untuk mengefisienkan waktu. Workshop regulasi ini sangat penting seperti yang diutarakan oleh Rizal selaku penanggungjawab acara, “Setiap anggota GUT wajib mengikuti workshop regulasi ini karena tanpa mengetahui regulasi mereka tidak bisa ikut lomba.”

Workshop regulasi merupakan bukti bahwa GUT siap untuk berlomba di berbagai kompetisi mobil tahun depan. Pembahasan regulasi dilaksanakan sedini mungkin untuk mematangkan persiapan membuat mobil. “Memahami regulasi dapat membantu dalam membuat mobil secara maksimal. Para alumni yang datang akan mentransfer ilmunya kepada anggota baru.” Ujar Tyas, selaku admin dan juga anggota lama GUT. Workshop regulasi adalah pijakan pertama bagi anggota GUT untuk menapaki perlombaan 2017. Diharapkan melalui workshop regulasi, GUT dapat membuat mobil yang lebih baik untuk kembali memperoleh prestasi nasional dan internasional di tahun mendatang. (fb)

Leave a Reply