News

Garuda UNY Racing Team (GURT) meluncurkan jet darat Formula Garuda 16 (FG-16) di Wisma Djoglo Sleman(15/8). FG16 merupakan improvement dari mobil sebelumnya F-15. FG-16 dijadwalkan akan mengaspal 6-10 September 2016 dalam Student Formula Japan di Shizuoka Jepang. Event ini mempertemukan tim – tim universitas dari seluruh dunia. Student Fomula Japan merupakan salah satu dari 10 seri Student Formula dari berbagai benua di dunia  yang dipayungi oleh Society Automotive Engineering (SAE) ini menguji seluruh kendaraan termasuk kemampuan design dari tim yang berlomba.

Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA mengatakan bahwa tim Garuda UNY sebelumnya telah mengibarkan bendera merah putih dalam 2016 International Student Car Competition di Songsan Myun Hwasungsi, Korea Selatan. “Tidak berhenti di Korea, tim juga siap berlomba ke Jepang” kata Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA. Menurut beliau mahasiswa yang mengikuti lomba ini mempunyai pengalaman yang mahal dibandingkan dengan mahasiswa yang ber-indeks prestasi tinggi namun tidak aktif dalam kegiatan organisasi mahasiswa. Rektor berpesan agar mahasiswa juga memberi perhatian pada perkuliahan dan cepat menyelesaikan studinya, serta menggandeng industri untuk berkarya.

GURT telah melahirkan dan menyiapan performa mobil secara maksimal untuk menghadapi tim lawan. FG-16 memiliki spesifikasi dengan berat keseluruhan 220 kg, lebih ringan 25 kg dari mobil sebelumnya F-15. Frame FG-16 menggunakan jenis turbular steel space frame dan menggunakan Limited Slip Differential (LSD) dengan axle shaft bermaterial baja AISI 4140. Hal ini dipersiapkan untuk mampu mengimbangi kekuatan yang dimiliki oleh FG-16. Selain itu, FG-16 Engine Control Management System memakai ECU Motec M400 yang dilengkapi dengan traction control dan telemetri data recording.

Public relations GURT Rahmat Hidayat Asri dalam rilisnya menyebutkan bahwa sistim pemindah tenaga FG-16 memiliki 6 percepatan dengan double shifter yaitu electrick shifter dan manual hand shifter. Dengan material STKM 11A dengan bagian belakangnya menggunakan Real Bulkhead dengan material Alumunium 7075. FG-16 suspension system memakai tipe unequal non parallel link arm dengan pull rod pada suspensi depan dan push rod pada suspensi belakang. Dampernya memakai tipe double barrel yang dilengkapi dengan compression dan rebound adjuster. “Sebagai fitur tambahan juga dilengkapi dengan anti roll bar dengan suspension travel sensor, dan sistem rem memiliki 2 master cylinder dengan fix capiler yang terpasang pada keempat rodanya” ungkap Yoko, panggilan akrabnya.

Body FG-16 menggunakan material Full Fiber Carbon dan untuk aerodinamisnya dilengkapi dengan undertray dan diffuser. Karena menggunakan material ini, mobil menjadi lebih ringan. FG-16 Ergonomi memiliki driver seat yang telah disesuaikan dengan posisi punggung driver yang juga menggunakan material carbon fiber supaya kuat dan ringan. Steering wheel juga bermaterial sama dengan handle kemudi dilapis karet supaya nyaman untuk pengemudi. FG-16 Safety system pada bagian depan menggunakan Impact Attenuator (crash box) bermaterial alumunium yang telah diuji kelayakan dan untuk bagian cockpit diselimuti dengan firewall bermaterial alumunium. “Dengan spesifikasi yang mumpuni dan dukungan dari berbagai pihak, Garuda UNY Racing Team optimis dapat mengharumkan nama baik Indonesia di negeri Matahari Terbit” tutup Yoko.(dedy)

Leave a Reply