News

Tim Formula Garuda 16 (FG16) dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sedang mempersiapkan diri guna menghadapi 2016 Student Formula Japan. Kompetisi yang diselenggarakan Society Automotive Engineering of Japan (JSAE) tersebut, dijadwalkan akan berlangsung pada awal September mendatang.

Dalam kompetisi tersebut, peserta diharuskan menciptakan mobil kelas formula dari static event yang meliputi cost report, design report, business logic plan, hingga dynamic event yang meliputi akselerasi, autocross, skid pad, endurance, dan efisiensi tersebut.

FG16 akan kembali bersaing dengan universitas dan juga institusi perguruan tinggi lain dari seluruh dunia untuk merebutkan posisi tercepat. Pemenang dihitung berdasarkan point yang diperoleh dan dijumlahkan secara overall.

Zainal Arifin selaku Advisor Garuda UNY Racing Team mengatakan, ia telah berusaha menciptakan tim yang solid dari berbagai macam disiplin ilmu di UNY berdasarkan pada kebutuhan tim.

Zainal menambahkan, persiapan mereka telah dilakukan hampir satu tahun sejak Oktober 2015. Mereka melakukan latihan empat sampai enam hari dalam seminggu guna memperoleh performa dan data yang akurat.

Pada 12 Agustus 2016 mendatang, mereka dijadwalkan mengikuti Roll Out Formula Garuda 16 (FG16). Mobil yang mereka gunakan untuk megikuti kompetisi tahun ini diberi nama Formula Garuda 16 (FG16), mobil tersebut merupakan pengembangan dari mobil tahun sebelumnya, Garuda Formula 15 (F15).
Penggunaan material ringan melalui part yang diperkecil serta spesifikasi yang berbeda menjadikan bobot kendaraan berkurang dari 245 kg menjadi 220 kg. Mereka yakin mampu memperoleh peringkat yang lebih baik dari tahun lalu karena telah melakukan pengumpulan data serta memperbaiki kekurangan yang terjadi pada 2015.

Leave a Reply