News

Pameran Teknologi Tepat Guna Yogyakarta, demikian nama pameran yang digelar oleh Kementeria Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Pameran yang diselenggarakan pada hari sabtu-minggu (25-26/06) di Sindu Kusuma Edupark, Jambon, Yogyakarta ini menyajikan berbagai macam produk teknologi buatan generasi muda Indonesia, mulai dari mobil listrik, sepeda listrik, arame, mesin pelebur aluminium,dan produk teknologi lainnya.

Melalui pameran ini, tim mobil garuda UNY mengenalkan salah satu produknya kepada masyarakat yang berkunjung yaitu mobil Garuda Hybrid 16 yang telah mecetak beberapa new record pada kompetisi mobil di Korea Selatan bulan lalu. Mobil hybrid atau hibrida adalah kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi sebagai sumber tenaga. Mobil hybrid dianggap oleh banyak orang menjadi alternatif yang sangat baik untuk kendaraan konvensional karena dapat menghemat bensin. Banyak mobil hybrid memiliki efisiensi bensin dua kali lipat dari model mobil bensin konvesional, yang memberikan penghematan biaya yang signifikan bagi pengguna dan merupakan mobil yang mengonsumsi lebih sedikit bahan bakar, sehingga tak heran jika mobil ini dikenal sebagai mobil ramah lingkungan.

Sebagaimana kegiatan lain yang memiliki tujuan pelaksanaan, begitupun dengan pameran ini. Mifta Saputra, anggota Garuda UNY Team yang ditemui saat tengah menyiapkan pameran menuturkan bahwa pameran ini diharapkan dapat menimbulkan sikap menghargai terhadap karya teknologi tepat guna (TTG).

Pameran ini juga memiliki fungsi edukasi dan rekreasi, karena kegiatan pameran karya akan memberikan nilai-nilai edukasi terhadap masyarakat terutama apresiator, misalnya nilai keindahan, nilai sikap, nilai kerja keras sekaligus memberikan rasa senang bagi pengunjung serta dapat memberikan pencerahan. Selain itu ada pula fungsi prestasi, karena melalui kegiatan pameran ini, masyarakat luas dapat mengetahui para mahasiswa yang berbakat, yang dilihat dari bentuk-bentuk karya teknologi yang ditampilkan.

Sementara dari panitia sendiri menyatakan bahwa penyelenggaraan pameran teknologi tepat guna ini bertujuan untuk menyalurkan kreativitas dan sebagai apresiasi inovasi IPTEK yang telah dilakukan pemuda Indonesia sekaligus untuk memotivasi dan meningkatkan kapasitas dan prestasinya. Tidak hanya mobil Garuda Hybrid 16, pengunjung juga bisa mendapatkan merchandise Garuda UNY Team yang unik dan menarik dengan harga terjangkau, serta bisa menggali berbagai macam informasi terkait pembuatan mobil hybrid. Selain itu pengunjung juga bisa mecoba mobil listrik buatan UNY hanya dengan 5 ribu rupiah. (een)

Leave a Reply