News

Melihat perkembangan desain dalam dunia otomotif yang semakin pesat dan terbuka, semakin membuktikan bahwasanya keahlian dalam mendesain sebuah kendaraan yang bisa digunakan untuk berbagai kepentingan akan menjadi salah satu keahlian yang sangat menjanjikan, baik dalam dunia pekerjaan maupun di bidang pendidikan.

Hal inilah yang menjadi motivasi Tim Mobil Universitas Negeri Yogyakarta, Garuda UNY Team (GUT) untuk megadakan pelatihan Autodesk Fusion 360 bersama 3DS. Adapun maksud dari kegiatan ini, selain untuk menambah kemampuan anggota GUT dalam memaksimalkan desain kendaran, juga ingin berbagi kesempatan dengan mahasiswa lain yang tertarik utuk memperdalam ilmu desain kendaraan bersama 3DS.

Pelatihan yang dibawakan oleh Jimmy Bowie autodesk_pocari (2)Soedomo, Kepala Instruktur 3DS (PT Tiga Dinamika Solusi Indonesia), yang merupakan salah satu Autodesk Authorized Training Center (ATC) dan Authorized Academic Partner (AAP) perwakilan Autodesk di Indonesia, diselenggarakan di Ruang Sidang KPLT Fakultas Teknik UNY selama dua hari, yaitu pada hari sabtu-minggu (23 – 24 April 2016). Materi yang di sampaikan adalah user interface, modeling approch within fusion 360, create first 3D modeling, drawing creation, dan rendering. Peserta tidak hanya mendengarkan namun juga mengerjakan tugas sesuai petunjuk dan tantangan desain dari instruktur. Tugas berupa pembuatan obeng, lampu duduk, kursi, headphone dan komponen otomotif yang lain diikuti peserta dengan antusias dan penuh semangat. Semua desain yang dibuat oleh 40 orang peserta yang datang dari berbagai universitas di Yogyakarta dan sekitarnya ini kemudian diunggah ke grup “Pelatihan fusion 360 UNY”.

“Pelatihan desain sangat diperlukan untuk mendukung proses perancangan kendaraan. Dengan dilakukannya perancangan maka proses pembuatan kendaraan dapat dilakukan dengan mudah, selain itu diketahui juga analisa desain, berat kendaraan, aliran udara pada bodi kendaraan dan sebagainya.Kedepannya, Garuda UNY Team bersama dengan 3DS dan Autodesk akan kembali mengadakan pelatihan desain dengan menggunakan software Autodesk lainnya, ditambah dengan ujian sertifikasi autodesk software, dan desain challenge.” Tutur Mifta Saputra, panitia pelatihan desain fusion 360.

Selain mendapatkan sertifikat langsung dari Autodesk, peserta juga dapat mendownload materi pelatihan desain pada link yang telah diberikan. Harapannya, dengan pemberian software gratis dari Autodesk berikut sertifikat pelatihan, dapat memberikan apresiasi kepada peserta dan meningkatkan kemampuan dan hasil perancangan yang lebih baik lagi. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Pocari Sweat dan Ortindo Digital Print. Garuda UNY selalu terbuka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, serta untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk mencapai hasil yang lebih baik.Untuk informasi terbaru, dapat mengunjungi website resmi GUT : www.garudauny.com. (een)

Leave a Reply