Garuda UNY Team

Garuda UNY Team Siap Berlaga di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya pada KMHE 2021

Garuda UNY Team dinyatakan menjadi  finalis Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 pada kategori Urban Concept kelas Motor Pembakaran Dalam Gasoline. Pengumuman ini diterima setelah dilakukan seleksi Laporan Desain Kendaraan dan seleksi Video Virtual Technical Inspection oleh panitia. KMHE merupakan sebuah lomba mobil hemat energi tingkat nasional yang  diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Indonesia bekerja sama dengan Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Kompetisi yang  diikuti hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia ini akan diselenggarakan secara luring pada tanggal 15-20 November 2021 di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya.

Mobil yang diusung dalam KMHE ini yaitu Garuda UG-20  yang didesain oleh Garuda UNY Team untuk menciptakan kendaraan yang hemat energi sehingga dapat melakukan efisiensi bahan bakar dengan sebaik mungkin. Mobil yang telah di-launching oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNY pada bulan Februari tahun 2021 ini merupakan realisasi dari desain mobil yang sudah dikonsep oleh tim dan mendapatkan berbagai penghargaan dalam kompetisi KMHE 2020 serta Shell Eco-marathon 2021.

Manager Garuda UNY Team dalam KMHE 2021, Kesit Bayu Purnomo, mengatakan bahwa saat ini tim sedang berjuang mempersiapkan mobil agar mencapai target. Latihan dilakukan secara rutin di Stadion Maguwoharjo dan perbaikan mobil dikerjakan di Bengkel Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Musim penghujan mejadi salah satu tantangan pada persiapan KMHE ini karena sering membuat jadwal tim menjadi tertunda. Hal ini membuat tim harus mengatur waktu sebaik mungkin karena harus latihan dalam waktu terbatas dan cuaca yang tidak menentu. Selain itu kondisi cuaca di Yogyakarta dan Surabaya mempunyai perbedaan signifikan sehingga tim harus membuat mobil agar mampu berlaga dalam kondisi sesuai di Sirkuit Gelora Bung Tomo. Dalam salah satu sesi latihan pada hari Senin, 8 November 2021, turut hadir Dr. Sutiman, S.Pd.,MT yang merupakan salah satu advisor tim. Kesit juga menuturkan bahwa saat ini tim masih berusaha meningkatkan efisiensi mobil dalam berbagai aspek dan menargetkan efisiensi kendaraan mencapai 500 km/liter bahan bakar.

Ketua Garuda UNY Team, Ahmad Yoga Pradana, menambahkan bahwa meskipun banyak hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh tim, Garuda UNY Team optimis mampu menghadapi lawan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. (Aisy)