Garuda UNY Team

Garuda UNY Siap Bertarung di Shell-Eco Marathon Singapura

Rajin mengevaluasi kemampuan lalu memperbaikinya untuk kemudian memperjuangkannya adalah kunci eksistensi sebuah tim. Dengan terus melakukannya, sebuah tim akan terus ada dan diakui oleh dunia. Itulah yang dilakukan oleh Garuda UNY Team (GUT) selama delapan tahun karirnya. Setiap tahun, GUT selalu memperbaiki dan menambah performa kendaraan sehingga prestasinya terus tumbuh hingga melebar ke ranah internasional. Memasuki awal tahun 2017, GUT tengah mempersiapkan dirinya untuk mengikuti Shell Eco Marathon yang akan berlangsung pada 16 – 19 Maret 2017 di Changi Exhibition Center Singapura.

Shell Eco Marathon (SEM) adalah sebuah kompetisi mobil hemat energi yang diadakan oleh Shell, sebuah perusahaan ternama dunia yang bergerak di bidang minyak dan gas. SEM menantang para insinyur muda untuk mendesain, menciptakan, menguji coba, dan mengkompetisikan kendaraan hemat energi pamungkas berstandar dunianya. SEM diadakan di tiga regional dunia—Asia, Amerika, dan Eropa—dengan mempertemukan ratusan tim dari seluruh dunia. Tahun ini adalah tahun ke-33 SEM diadakan, dan khusus untuk SEM Asia bertempat di Changi Exhibition Center di Singapura.

SEM adalah kompetisi internasional ketiga—setelah International Student Car Competition di Korea Selatan dan Student Formula Japan di Jepang— dan tahun ini adalah kali pertama GUT ikut. Meskipun begitu, GUT telah mempelajari regulasi yang ditetapkan dan belajar pada tim-tim yang telah lebih dulu ikut. Dalam ajang ini, GUT akan menerjunkan mobil terbarunya, Garuda Urban Gasoline 2017, dengan nama tim Garuda UNY Eco Team. Mobil ini akan dikompetisikan dalam kategori Internal Combustion Engine (IEC) yang menggunakan bensin, diesel, GTL (Gas-to-Liquids), ethanol, CNG (Compressed Natural-Gas) sebagai bahan bakarnya. Kategori IEC adalah satu dari tiga kategori yang ditawarkan, dua kategori lainnya yaitu Battery-Electric (berbahan bakar listrik) dan Hydrogen Fuel Cell (berbahan bakar hidrogen).

Sesuai dengan visi SEM yaitu untuk menemukan energi yang secara ekonomi, sosial, dan ramah lingkungan berguna bagi masyarakat, GUT mengembangkan Garuda Urban Gasoline 17 dari berbagai evaluasi yang didapat oleh mobil Garuda UNY Urban Gasoline 16, yang pada November 2016 lalu dilombakan di Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) yang dilaksanakan di Candi Prambanan, Yogyakarta. Garuda Urban Gasoline 17 telah berada di tahap perbaikan kendaraan untuk meningkatkan performanya dengan pengembangan desain, penurunan bobot kendaraan menjadi hanya 95kg, dan pemodikasian mesin sebagai sumber tenaga kendaraan.

Kegiatan pengembangan mobil hemat energi GUT tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, terutama pihak universitas dan pihak ketiga. Sebagai salah satu tim di bidang pengembangan teknologi, GUT membuka kesempatan bagi pihak manapun yang memiliki visi yang sama untuk bergabung dalam ikatan kerjasama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kerjasama ini dapat menghubungi public relation GUT di nomor +628538622666 maupun melalui email di unyracingteam@gmail.com. (fb)

share our article and dont forget to leave a comment

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram