Garuda UNY Team

Berbagi Ilmu antara GUT dan Mizzou Racing

Naasa Ahmad Fikri, salah satu alumni dari Mizzou Racing (tim mobil dari University of Missouri, Amerika Serikat) berkunjung ke basecamp GUT pada Rabu (28/12) untuk berbagi ilmu dengan Garuda UNY Team (GUT). Di tim Mizzou Racing, Fikri merupakan kepala bagian elektrik tim. Fikri telah berjuang di berbagai kompetisi mobil dunia dan saat ini tengah meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Indonesia. Kunjungan dari ini merupakan kesempatan yang bagus bagi GUT karena tim dapat belajar ilmu dengan salah satu alumni tim mobil terbaik dunia.

Topik-topik yang dibahas disini utamanya adalah diskusi mengenai permesinan dalam mobil. Fikri berbagi ilmu mengenai desain, kekurangan serta kelebihan bahan-bahan pembuatan, hingga pembelian dan pajak bahan-bahan tertentu. Ada banyak ilmu yang didapat dari diskusi ini, antara lain manufacturing mobil, pengurangan rangka, penempatan fuel tank, distribusi beban mobil, dan desain mobil. Selain topik teknis, diskusi juga melingkupi topik non-teknis dalam kompetisi seperti cost-report dan presentasi saat lomba serta pengalaman menjadi bagian dari Mizzou Racing.

Dikunjungi langsung oleh tim terbaik dunia tidak disia-siakan oleh tim. Anggota GUT banyak bertanya mengenai cara untuk memperbaiki dan meningkatkan performa mobil. Berbagai kekurangan mobil yang telah dikoreksi di kompetisi lalu juga dibahas dalam diskusi ini. Untuk lebih jelas dalam menjawab pertanyaan dari tim, Fikri juga tidak keberatan untuk menjelaskannya dalam sketsa.

Ada banyak cara untuk membuat mobil. Namun untuk menemukan cara terefektifnya adalah dengan memahami prinsip kerjanya. Di akhir diskusi, Fikri berpesan agar GUT selalu semangat, “Mungkin perjuangan kalian berat saat ini, namun di akhir nanti kalian akan mendapatkan hasilnya.” (fb)

share our article and dont forget to leave a comment

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram