News

Kontes Mobil Hemat Energi atau yang biasa disebut dengan KMHE diselenggarakan secara rutin sebagai agenda Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang dari awal lebih dikenal dengan nama Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC). Kegiatan ini diberuntukkan untuk seluruh mahasiswa uiversitas/institut/politeknik di Indonesia dengan memperlombakan secara virtual desain kendaraan dan untuk kemudian para finalis akan diundang untuk melakukan presentasi secara online.

Dalam KMHE ini terdapat dua kategori perlombaan kendaraan, yaitu Prototype dan Urban Concept, dimana masing-masing menggunakan 4 kelas engine, yaitu Motor Pembakaran Dalam (AMD) Gasoline, MPD Diesel, MPD Etanol, dan Motor Listrik.

Semenjak ada kabar bahwa KMHE dalam masa pandemi ini tetap diadakan dan telah mengikuti sosialisai secara daring, Garuda UNY Team memutuskan untuk tetap mengikuti perlombaan tingkat nasional ini dengan semangat yang tinggi untuk meraih kemenangan. Dengan tema “Energi Untuk Negeri”, Universitas Indonesia menjadi tuan rumah dalam perombaan KMHE virtual ini yang akan dilaksanakan pada tanggal 26-30 November 2020.

Persiapan demi persiapan dilakukan oleh Tim Garuda UNY untuk membuat Laporan Desain Kendaraan dimana laporan tersebutlah yang akan digunakan untuk menuju ke tahap berikutnya, yaitu tahap presentasi. Meski waktu yang diberikan dalam penyusunan laporan ini terbilang singkat, namun tim tetap melakukannya dengan semangat yang sama seperti ketika KMHE diadakan secara offline. Tentunya inovasi dan kreatifitas berkali-kali lipat sangat dibutuhkan dalam proses pembuatan laporan ini, mengingat perlombaan ini yang dilaksanakan secara daring. Laporan tersebut setelah dikumpulkan nantinya akan diseleksi oleh para juri untuk menentukan siapa finalis dalam perlombaan ini. Selanjutnya, finalis akan mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan bahan laporan yang telah tim buat, dan pengumuman pemenang akan diumumkan pada tanggal 30 November 2020 mendatang.

Pengumuman juara ini juga akan dilakukan secara daring, dan terdapat beberapa kriteria kejuaraan, diantaranya Kriteria Perancangan Aerodinamika Body, Perancangan Body dan Sasi, Sistem Kemudi dan Peengereman, Motor Pembakaran Dalam dan Transmisi, Motor Listirk dan Sistem Kontrol, Rancangan Proses dan Manajemen Produksi, dan terdapat satu kriteria non-prestasi, yaitu Model Desain Kendaraan serta Juara Umum Desain Kendaraan KMHE 2020 kategori Prototype dan Urban.

Dengan diadakannya perlombaan-perlombaan/ kompetisi secara daring khususnya KMHE 2020, dalam penyusunan Laporan Desain Kendaraan ini tentunya tim juga tetap memperhatikan kesehatan dimasa pandemi saat ini dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada.

(Han)

Leave a Reply