News

Dimulai pada hari Rabu (12/ 02) Garuda UNY Team mengadakan pembelajaran kelas khusus Bahasa Inggris bagi pengurus GUT 2020 yang dinamai dengan English Class. Berdasarkan kesepakatan yang telah dibuat, English Class kali ini hadir berbeda karena diisi dengan materi-materi TOEFL yang diberikan langsung oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dari Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. Sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya, English Class memberikan materi berupa percakapan-percakapan yang kemungkinan akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang bersangkutan dengan GUT.

Materi diberikan dalam bentuk listening, reading, dan structure. Beberapa pengurus GUT pun turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sesuai dengan jadwal English Class yang telah ditentukan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa pengurus GUT yang belum mengikuti English Class pun akan tertarik mengikuti kelas Bahasa Inggris tersebut.

Metode yang digunakan dalam English Class ini yaitu dengan memberikan soal pre-test, pembahasan, sekaligus soal post-test. Pre-test dimaksudkan untuk menguji kemampuan teman-teman GUT supaya terdeteksi dimana letak kesulitan mereka dalam menyelesaikan soal TOEFL. Pembahasan dilakukan untuk memberikan pengetahuan lebih mendalam mengenai penyelesaian soal-soal pre-test itu sendiri. Sedangkan post-test diberikan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan teman-teman GUT dalam menyelesaikan soal TOEFL setelah mendapatkan pembahasan dari soal pre-test.

Dengan metode yang telah disebutkan di atas, diharapkan materi dapat lebih tersampaikan dan dapat membantu teman-teman GUT agar segera lulus dalam test Pro-tefl yang diadakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Setelah lulus test Pro-tefl, mahasiswa yang berkecimpung di GUT pun sudah terkurangi bebannya dan diharapkan dapat lebih fokus dalam berkarya dan berprestasi di GUT serta mengharumkan nama Universitas Negeri Yogyakarta. (han/mal)

Leave a Reply