News

Selasa (24/09), Kontes Mobil Hemat Energi 2019 secara resmi dibuka. Pada kesempatan ini, Universitas Negeri Malang, Jawa Timur mendapatkan kesempatan sebagai tuan rumah acara. Di tahun 2019 ini, Tim Garuda UNY mengikutsertakan dua buah mobil, dengan rincian 1 mobil urban gasoline dan 1 mobil urban etanol.
Acara dibuka dengan registrasi ulang para peserta KMHE di Grha Rektorat Universitas Negeri Malang. Kedua tim mobil Garuda, baik Urban Etanol maupun Urban Gasoline menjadi tim pertama yang melakukan registrasi di kategori masing-masing. Setelah melakukan registrasi, perwakilan kedua tim mengikuti mandatory technical briefing yang dilaksanakan di depan lobby Grha Rektorat Universitas Negeri Malang. Acara kemudian dilanjutkan dengan Opening Ceremony yang dihadiri oleh jajaran rektorat, panitia dan seluruh peserta Kontes Mobil Hemat Energi 2019 yang berasal dari 45 perguruan tinggi di indonesia. Pada acara opening ceremony tersebut, turut ditampilkan pula miniatur truk sebagai penanda bahwa bidang otomotif telah ada sejak lama. Selain itu, terdapat pula tari-tarian dan maskot Kontes Mobil Hemat Energi. Acara kemudian dilanjutkan dengan tour circuit, foto bersama. Setelah itu, masing-masing tim membawa mobil ke paddock masing-masing. Sesi selanjutnya adalah Technical Inspection yang dimulai pada pukul 13.00 WIB. Pada sesi TI ini, mobil urban gasoline mendapatkan kesempatan selesai terlebih dahulu dibandingkan dengan urban etanol. Akan tetapi, karena adanya kesalahan perhitungan waktu dan juga banyaknya peserta yang berpartisipasi, waktu TI dan practice yang dijadwalkan selesai pukul 16.00 WIB, molor hingga pukul 17.30 WIB. Terbatasnya waktu mengakibatkan dilakukannya penghentian TI dan practice, sehingga banyak peserta yang belum menyelesaikan TI, termasuk tim urban etanol. Karena keterbatasan waktu tersebut juga, tim urban gasoline yang sudah selesai lebih dahulu juga tidak bisa melakukan practice. Panitia menyatakan bahwa TI akan dilanjutkan besok Rabu (24/09) pagi.
“Kami akan melakukan strategi agar dapat menyelesaikan TI urban etanol sesegera mungkin. Di saat yang bersamaan, urban gasoline yang belum sempat melakukan practice, akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk melakukan practice sehingga kami bisa mendapatkan banyak data yang akurat untuk keperluan improvement yang akan kami lakukan,” ujar ketua tim mobil Garuda UNY, Ilham Nofi Yoga.

Leave a Reply