News

Rabu, (10/4) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman mengadakan uji emisi gas buang gratis bersama Garuda UNY Team (GUT). Uji emisi tersebut diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut (9-10 April 2019) dalam rangka memeringati Hari Jadi Sleman ke-103 pada 15 April mendatang. Acara tersebut dilaksanakan di Lapangan Denggung, Sleman dan pada hari pertama dihadiri 600 kendaraan, sekitar 100 kendaraan tersebut merupakan kendaraan dinas. Yang menghadiri acara tersebut sendiri antara lain pegawai-pegawai dinas serta mitra-mitra dari DLH Sleman seperti, Bank Mandiri, Puskesmas keliling, Polisi, dishub, dan masih banyak lainnya. Selain dari lingkungan dinas, uji emisi ini juga diadakan untuk umum, setiap kendaraan yang lewat boleh mengikuti uji emisi yang dilakukan oleh GUT dan beberapa mahasiswa UNY ini. Uji emisi dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup Sleman untuk menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga lingkungan hidup. Lebih dari 90% kendaraan yang diuji emisi oleh tim Garuda UNY lulus uji, namun ada juga kendaraan-kendaraan yang melewatkan uji emisi tersebut dengan alasan seperti, istrinya akan melahirkan, dan sebab-sebab lain.

Banyaknya kendaraan yang datang tidak menyulitkan tim Garuda UNY untuk menyelesaikan ratusan kendaaraan dalam beberapa jam. Banyaknya kendaraan yang ikut serta juga tidak luput dari hal-hal lucu seperti salah satu anggota GUT terkena kencing sapi ketika sedang menguji emisi salah satu kendaraan diesel. Hal tersebut tidak menghentikan  Faiz selaku ‘korban’ untuk terus melaksanakan tugas. Memang ada beberapa kendaraan yang sedang mengangkut hewan-hewan ternak ikut serta dalam acara uji emisi ini.

“Garuda UNY yang akan mengikuti kompetisi Shell Eco-Marathon di Sepang, Malaysia, kami dari Dinas Lingkungan Hidup selalu berdoa mudah-mudahan berhasil karena selain membawa nama bangsa tentunya juga akan membawa nama Kabupaten Sleman dan Provinsi DIY. Semangat adik-adik, semoga bias meraih yang terbaik” ucapan dari Kepala DLH Sleman Dwi Anta Sudibya memberikan dukungannya kepada Garuda UNY Team. (Lita)

Leave a Reply