News

Garuda UNY Team kembali berpartisipasi dalam kompetisi KMHE 2018. Dua puluh tiga hari menjelang kompetisi, tim menggelar rapat persiapan. Sutiman, M.T., advisor Garuda UNY Team, memaparkan beberapa hal yang harus dimatangkan. “KMHE 2018 ini akan diikuti sejumlah tim besar seperti UI, UNS, dan ITS. Kita harus persiapkan semuanya supaya saat berlaga kita dalam kondisi yang prima,” papar beliau.

Kontes Mobil Hemat Energi 2018, atau biasa disingkat menjadi KMHE 2018, adalah kompetisi skala nasional yang diadakan oleh Kemenristekdikti yang akan diselenggarakan di Universitas Negeri Padang pada 27 November sampai 1 Desember 2018.  KMHE 2018 adalah perlombaan ke-8 kalinya digelar sejak tahun 2012.

Tim Garuda UNY akan berlaga di kompetisi mobil hemat energi yang akan dilaksanakan di Universitas Negeri Padang (UNP). Dalam kompetisi ini ada dua kelas perlombaan kelas yang dilombakan yaitu urban concept dan prototype. Tim Garuda UNY pada kesempatan kali ini mengambil kelas urban concept seperti perlombaan KMHE tahun 2017 di ITS. Sejauh ini kendaraan sudah dalam keadaan siap.

Sejauh ini, persiapan Garuda UNY Team sudah mencapai 80% dan akan terus meningkat. “Tinggal mencari setting yang tepat. Kami yakin dengan riset yang kami kembangkan, sehingga kami pantas mendapatkan hasil yang terbaik di KMHE 2018”, tutur Muhammad Nurdin Wahid selaku team manager.

“Kami berlatih empat kali dalam seminggu. Progress kami selalu meningkat setiap latihan. Sejauh ini kami juga terus melakukan riset dengan engine Yamaha dengan banyak variabel baik itu dengan bahan bakar maupun torsi engine. Tidak sampai itu saja, selalu ada variabel baru yang kami coba saat latihan,” tambahnya.

Dengan latar belakang perlombaan mobil hemat energi atau yang sering disebut ‘perlombaan irit-iritan’, tentu saja memacu tim Garuda untuk terus mengembangkan skill dan penanganan sehingga hasil capaian menjadi lebih baik lagi. “Dengan riset yang dikembangkan sejauh ini menggunakan engine Yamaha, tim kami mampu mendapat torehan 300 km/liter dan akan terus meningkat hingga kami mendapatkan hasil yang terbaik,” tutur Irfan, selaku driver. (Ncn)

Leave a Reply