News

Sabtu lalu (8/9) Garuda UNY Racing Team sukses menyelesaikan 20 lap kategori endurance dalam kompetisi 2018 Student Formula Japan. Keberhasilan ini memperbaiki catatan tim tahun lalu yang hanya menyelesaikan 3 lap. Kegagalan yang pernah dilakukan tidak membuat tim putus asa. Tahun ini semangat yang membara telah dikobarkan untuk membanggakan ibu pertiwi.
“Alhamdulillah, speechless,” terang Robi Febrianto, team captain. Hanya satu kata itu yang muncul yang dilontarkan mahasiswa UNY yang menjadi salah satu delegasi 2018 Student Formula Japan kali ini.
Garuda UNY Racing Team menduduki peringkat ke 21 di ajang 2018 Student Formula Japan. Acara bergengsi yang berlangsung 4-8 September di Ecopa Staduim, Shizuoka Prefecture, Jepang ini diikuti 109 tim dari 8 negara. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang ikut berkompetisi di ajang SFJ antara lain UNY, UGM, ITS, UNS, UI, dan UII. Dalam SFJ kali ini, UNY memimpin dengan berada di peringkat 21. Naiknya peringkat UNY ke 21, dari semula 43, tentu saja menjadi capaian yang membanggakan.

Prestasi UNY di 2018 Student Formula Japan antara lain tampak dalam perolehan JAMA Chairman Awards sebagai tim dengan Technical Inspection dan dokumen tanpa pinalty dan delay serta lolos endurance. Selain JAMA Chairman Awards, berikut adalah beberapa prestasi yang diraih oleh Tim Garuda UNY: urutan ke 13 dalam Business Logic Plan, urutan ke 43 dalam Design Report Presentation, urutan ke 31 dalam Cost Report Presentation, urutan ke 18 dalam Skidpad, urutan ke 31 dalam Autocross, urutan ke 28 dalam Acceleration, urutan ke 14 dalam Efficiency, urutan ke 19 dalam Endurance.
Dalam kesempatan terpisah, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M. Pd, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, ketika diwawancarai mengatakan bahwa capaian tim Garuda UNY ini merupakan buah kerja keras semua tim. “Capaian ini tentu sangat membanggakan. Naiknya peringkat UNY dari 43 ke 21 merupakan bukti bahwa Tim Garuda UNY terus melakukan perbaikan. Prestasi Tim Garuda UNY merupakan hasil kerja keras tim, dosen pembimbing, dan seluruh pimpinan di UNY. Ke depannya, Tim Garuda UNY harus bisa tampil lebih baik lagi. Dan Indonesia, bisa menduduki peringkat pertama di ajang ini.”
Terima kasih atas semangat, dukungan, dan doa restu dari civitas akademika Universitas Negeri Yogyakarta. Tim turut mengucapkan terima kasih kepada Motul, Garuda Indonesia, Indonesia Steel Tube Works (ISTW), Add Suspension, Yamaha, Hoosier, Bengkel Idek, Ikatan Keluarga Alumni Otomotif UNY (IKATO), PT PMCT Teknikindo, Good News From Indonesia (GNFI), Stadion Maguwoharjo, RNV, dan C-Maxi. Mari sambut SFJ 2018 dengan sportivitas nyata dan semangat pantang menyerah. Garuda UNY Team, Let’s Fly High.
cc: unyofficial

Leave a Reply