News

Senin (20/8), pihak Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan acara pelepasan delegasi Garuda UNY Team (GUT) yang akan bertanding pada Student Formula Japan  (SFJ) 2018. Pelepasan yang dilakukan oleh Rektor UNY Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd tersebut berlangsung di Rektorat UNY dengan mendatangkan Wakil Rektor III UNY, Dekan Fakultas Teknik UNY, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNY, dan Advisor Garuda UNY. Diadakannya acara pelepasan tersebut tidak lain adalah untuk melepas secara resmi 14 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing sebagai delegasi Garuda UNY Team pada SFJ 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UNY berpesan bahwa tim harus selalu menjaga kesehatan dan menyiapkan energi. Pasalnya, kompetisi tingkat dunia tersebut akan memakan waktu hingga 5 hari yang berlangsung selama 4-8 September 2018. Berbekal kesiapan yang matang, Garuda UNY Team kini siap bersaing bersama tim-tim terbaik lain dari seluruh dunia. Tim akan berangkat ke Jepang pada Sabtu, 1 September 2018 mendatang.

Kompetisi Student Formula Japan adalah sebuah kompetisi yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berkreasi menciptakan mobil formula. Kompetisi ini pertama kali dihelat pada tahun 2003. Pada SFJ 2018, terdapat 7 kategori perlombaan dari Static Event dan Dynamic Event. Pada Static Event, kategori lomba yakni Business Logic Plan, Design Report, dan Cost Report. Sementara itu, Acceleration, Skidpad, Autocross, dan Endurance menjadi kategori lomba pada Dynamic Event.

Tahun ini merupakan tahun keempat bagi GUT dalam mengikuti ajang yang sama. Di tahun sebelumnya, GUT berhasil menduduki posisi sebagai Best Team from Indonesia. Pada SFJ kali ini, GUT membawa serta mobil andalannya yakni Formula Garuda-18 (FG-18). FG-18 memiliki berat keseluruhan mencapai 205 kg dengan dilengkapi speedsensor dan traction control. Mobil yang akan melintas pada arena kompetisi SFJ 2018 ini menggunakan mesin single cylinder 600cc. Perkembangan yang luar biasa telah dilakukan oleh GUT mulai dari membuat desain badan, kerangka, dan bagian-bagian kendaraan yang baru, hingga komponen-komponen mobil lainnya yang serba baru. Hal ini tentunya diiringi pula oleh semangat baru dari Garuda UNY Team.

Dengan dilepasnya secara resmi ke-15 delegasi, Garuda UNY Team akan sekuat tenaga bertanding dan berusaha untuk mengantarkan Universitas Negeri Yogyakarta menuju kejayaan. Tim berharap dapat mempertahanan dan meningkatkan prestasi pada kompetisi Student Formula Japan 2018. Terima kasih atas semangat, dukungan, dan doa restu dari civitas akademika Universitas Negeri Yogyakarta. Tim turut mengucapkan terima kasih kepada Motul, Garuda Indonesia, Indonesia Steel Tube Works (ISTW), Add Suspension, Yamaha, Hoosier, Bengkel Idek, Ikatan Keluarga Alumni Otomotif UNY (IKATO), PT PMCT Teknikindo, Good News From Indonesia (GNFI), Stadion Maguwoharjo, RNV, dan C-Maxi. Mari sambut SFJ 2018 dengan sportivitas nyata dan semangat pantang menyerah. Garuda UNY Team, Let’s Fly High. (Ayw, Nican)

Leave a Reply