News

Minggu (25/2), api semangat untuk berkarya di tim Mobil Garuda UNY tak henti padam. Hal ini terbukti dalam melakukan latihan rutin guna persiapan International Student Car Competition (ISCC) yang akan dilaksanakan pada tanggal 18-19 Mei 2018 di Korea Selatan. ISCC merupakan kompetisi mobil internasional yang diadakan oleh Korea Automobile Testing and Research Institute (KATRI) sebuah tempat atau badan untuk menguji kelayakan kendaraan mobil d Korea Selatan. Latihan ini merupakan agenda rutin yang diadakan sejak 2 bulan lalu guna memantapkan kesiapan tim dalam berkompetisi di ajang internasional tersebut.

Berdasarkan prestasi tahun lalu, Garuda UNY Team (GUT) dengan kendaraan GH-17 (Garuda Hybrid 2017) berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, yaitu Best of the Best Hybrid Car Category dan Best Teamwork. Capaian ini berdasarkan hasil peringkat race yang diraih GUT selama berkompetisi, yaitu 1st Acceleration dengan 300 poin, 2ndManeuver dengan 296.5 poinserta 1st Endurance yang mendapat 400 poin.

Persiapan Kompetisi

Dalam ISCC, kriteria kendaraan yang digunakan adalah konsep hybrid yang mana menggunakan tenaga penggerak dari motor berbahan bakar bensin pada bagian belakang serta Brushless DC motor di bagian depan. Persiapan dini ini juga merupakan waktu bagi tim untuk melakukan riset dengan menguji mesin baru yang disupport  langsung oleh industri motor Yamaha, yaitu mesin Vega Force.

Saat ini, Tim Garuda UNY sedang melakukan latihan persiapan kompetisi, terutama latihan fisik bagi Racer. Latihan ini bertujuan untuk melatih kemampuan tangan agar para racer terbiasa dalam mengendalikan kendaraan. Sementara itu, kendaraan yang digunakan dalam latihan kali ini menggunakan kendaraan tahun sebelumnya, GH-17. Brata Sukma Dwi Pangestu, salah satu racer baru di Tim Garuda UNY mengaku bahwa persiapan yang harus dilakukan meliputi latihan fisik dan optimalisasi kendaraan yang sudah diagendakan mulai sebulan yang lalu. “Latihan terus dilakukan beriringan dengan pengoptimalan kondisi mobil dan pemantauan secara rutin dilakukan setiap dua hari sekali bahkan setiap hari, serta kita juga melakukan riset untuk pembaruan desain hybrid”, tutur Brata.

Sosok ‘Racer’ Perempuan

Sementara itu, tahun ini merupakan tahun pertama bagi Tim Mobil Garuda UNY dengan menghadirkan sosok racer perempuan. Racer perempuan tersebut bernama Finggi Oktoberi (Mahasiswi Teknik Elektro, 2017). Finggi mengaku sudah tertarik dengan dunia otomotif sejak SMA dan sudah menjadi racer di berbagai perlombaan motor di daerahnya. Dengan bergabung di tim Mobil Garuda UNY, Finggi berharap agar dirinya dapat meneruskan hobi dan menyalurkan bakatnya menjadi racer. Selain itu Finggi juga ingin membuktikan bahwa menjadi seorang racer tidak hanya dilakukan oleh kaum laki-laki saja, melainkan kaum perempuan juga mampu dan pantas untuk diberikan kesempatan. “Saya ingin membuktikan bahwa perempuan juga bisa menjadi racer handal dan saya berharap tidak ada lagi anggapan-anggapan yang menyudutkan bagi perempuan dalam keikutsertaan di kegiatan yang didominasi kaum laki-laki”, ujar Finggi. (Khns/Rb)

Leave a Reply