News

Shell Eco-Marathon Asia (SEM) 2018 yang akan diadakan di Changi Exhibition Centre, Singapura pada 8-11 Maret 2018 mendatang akan mengawali kembalinya Garuda UNY Team dalam ajang kompetisi mobil hemat yang bergengsi se-Asia Pasifik ini setelah tahun 2017. Di tahun ini, Tim berharap dapat meningkatkan capaian prestasi dari tahun lalu, dan minimal mempertahankan gelar 3rd kategori Urban Concept (ICE) dan 2nd Safety Award.

Berbagai persiapan dan riset telah dilakukan. Tim telah melakukan reduce beban di semua lini dengan memperingan body, rangka, dan bagian komponen penting lainnya. Selain itu, tim juga telah menggunakan bahan karbon untuk membuat disc brake. Bahan dasar karbon juga digunakan tim dalam melakukan riset pada velg kendaraan. Untuk beban kendaraan, tim mematok target untuk reduce beban 40kg dari beban sebelumnya. Saat ini tim sedang menjalani proses untuk mengefektifkan fungsi bagian-bagian kendaraan yang masih belum maksimal. Segala persiapan ini tentunya dilakukan dengan sangat teliti dan bersungguh-sungguh agar hasilnya sesuai target dan memuaskan.

Tak henti disitu, tim juga telah mempersiapkan sistem keamanan atau safety pada kendaraan UG-18 (Urban Gasoline 18) untuk menghadapi SEM Asia tahun ini. Menurut Ilham Novie Yoga (Yoga), selaku Manajer Tim menjelaskan bahwa dalam menerapkan sistem keamanan pada kendaraan, terkadang perlu dibutuhkan ide-ide baru yang cemerlang dan yang paling utama harus tetap menaati prosedur standar keamanan. Teori yang dipelajari, akan menjadi bekal dalam praktik dan tentunya diiringi dengan ide dan inovasi baru dalam menerapkan sistem keamanan kendaraan. Tim memanfaatkan bahan baku limbah dari bekas kaleng minuman berkarbonasi untuk meningkatkan keamanan kendaraan, terutama saat mengalami kecelakaan.

 “Bangun, jangan tidur. Buat kami bangga dengan kalian, buat kami bangga dengan tim ini, dan buat UNY bangga dengan tim ini” adalah kata-kata yang terus digaungkan untuk membakar semangat berjuang tim agar terus membara. Kontribusi, partisipasi, dan aksi akan terus dilakukan untuk meraih kebanggaan. Doakan dan dukung terus Garuda UNY Team dalam Shell Eco-Marathon 2018 mendatang. Let’s Fly High! (Ayw/Rb)

Leave a Reply