News

Jumat (5/1) Garuda UNY Team mengadakan Evaluation Meeting bersama Motul Indonesia di KPLT, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Seperti yang diketahui, Motul merupakan rekan kerja Garuda UNY Team sejak tahun 2015 dalam mendukung keikutsertaan kompetisi di ajang internasional maupun skala nasional. Acara Evaluation Meeting bersama Motul ini merupakan agenda tiap semester yang selalu diadakan pada enam bulan sekali untuk menilai kerja sama yang telah dilakukan antara Garuda UNY Team dan Motul Indonesia. Acara tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik UNY, Dr. Widarto, M.Pd., Advisor Garuda UNY Team, Dr. Zainal Arifin, M.T., Sutiman, M.T. dan Moch. Solikin, M.Kes serta Anggota Garuda UNY Team, dan tentunya Tim Motul Indonesia yang diwakili oleh Isadat Salam dan Abdul.

Ada beberapa agenda yang dibahas dalam acara tersebut, diantaranya laporan kegiatan kerjasama antara FT UNY dengan Motul Indonesia, evaluasi kerja sama di tahun 2017 dan persiapan pada tahun 2018. Menurut Teguh Arifin, selaku ketua Garuda UNY Team, ia menjelaskan bahwa agenda rutin ini dapat dimanfaatkan untuk saling berbagi dan menyampaikan ide-ide yang baru guna memperkuat kerja sama antar kedua pihak yang saling menguntungkan. Selain itu, sesi ini juga dimanfaatkan oleh para Advisor, Angota TIM dan Motul untuk mendiskusikan persiapan di tahun 2018 secara teknis maupun non-teknis, terutama pada keikutsertaan di lima kompetisi.

Isadat juga menyampaikan bahwa evaluasi ini tidak hanya sekedar memantau perkembangan kerja sama kedua belah pihak, melainkan juga menjadi waktu untuk saling bersilaturahmi. Sangat disayangkan jika saat bekerjasama hanya melakukan MoU, memberikan support dan timbal-balik, namun tidak ada pemantauan lebih lanjut. Menurutnya ini yang menjadi urgensi pada dunia industri dalam menjalin kerja sama yang mengedepankan Win-win-solution.

Tahun ini, Motul akan merencanakan program beasiswa bagi empat mahasiswa sebagai bentuk kerja sama dalam ranah pendidikan. Program Beasiswa Motul Indonesia ini difokuskan terlebih dahulu bagi mahasiswa yang tergabung dalam anggota Garuda UNY Team. Selain itu, kriteria yang diutamakan kedua adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau Nilai di dalam perkuliah yang menunjukkan peningkatan, atau tidak menurun. “ Ya, Program ini nantinya kita fokuskan kepada temen-temen yang ada di Garuda UNY terlebih dahulu sebelum ke lingkup lebih besar yaitu UNY dan fakultas-fakultas lain, selain itu kita juga harus melihat sudut pandang nilai perkuliah dari temen-temen nih, bisa naik terus atau tidak, bahkan minimal konstan. Ya rencana jika nilainya turun maka penerima beasiswa tersebut akan digantikan oleh mahasiswa yang lain yang berpotensi mempertahankan peningkatan nilai di perkuliahan,” jelas Isadat Salam (Motul Indonesia).

Disesi akhir, tim mengucapkan terimakasih kepada Motul Indonesia atas dukungan dan kerja samanya kepada Garuda UNY. Kedua belah pihak juga berharap agar kerja sama yang terjalin antara UNY dan Motul terus berlanjut di tahun 2019 mendatang dan akan semakin besar. Mari bekerja lebih giat lagi di tahun 2018 ini untuk Garuda UNY yang semakin berprestasi. Jayalah selalu, let’s fly high. (Ayw)

Leave a Reply