News

Empat kompetisi internasional dan satu kompetisi nasional di tahun 2017 telah dituntaskan oleh Tim Mobil Garuda UNY. Tim mobil kebanggan UNY ini menyumbangkan juara 3 mobil teririt dan juara 2 Safety Award di ajang Shell Eco Marathon (SEM) Singapura, Juara 2 mobil teririt dan juara 2 FDR Award di ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Surabaya, Best of the Best dan Best Teamwork di ajang International Student Car Competition (ISCC) Korea Selatan, serta tim Indonesia terbaik di ajang Student Formula Japan (SFJ) Jepang. Pada agenda rapat evaluasi bersama Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FT UNY dan tim advisor ini, delegasi tim pada masing-masing kompetisi memaparkan 3 poin utama untuk landasan kompetisi berikutnya yakni hasil capaian, kendala, dan rekomendasi. Rapat Evaluasi Kegiatan Tahun 2017 ini telah diselenggarakan pada hari Jumat, 23 Desember 2017 bertempat di Aula lantai 3 Gedung KPLT Fakultas Teknik UNY.

Evaluasi tersebut kemudian akan menjadi catatan penting bagi tim mobil UNY agar kesalahan yang sama tidak terulang dan peforma tim bisa meningkat lebih baik. Hal tersebut sejalan dengan yang disampaikan Wakil Dekan III FT UNY, Bapak Dr. Giri Wiyono, M.T., dalam sambutannya.

“Tim Garuda UNY adalah salah satu tim yang diharapkan dapat menjadi teladan. Tidak hanya dari segi prestasi tapi juga dari sisi karakter, yakni karakter tim dan juga individu anggota tim. Karakter jujur, disiplin, dan bersih harus ditanamkan dalam proses pembelajaran di tim ini. Buat tim ini disenangi banyak orang dan sebarkan nilai-nilai positif. Tunjukkan bahwa jiwa kita adalah yang rendah hati dan profesional.”tutur beliau.

Dalam acara ini disampaikan pula bahwa tim akan menambah 1 kompetisi nasional tahun depan yaitu Kontes Mobil Listrik Indonesia (KMLI) yang diadakan di Bandung. Hal ini dilakukan untuk mendukung gerakan 1.000 prestasi UNY seperti yang ditargetkan oleh Rektor UNY, Bapak Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., dalam program Rencana Strategis (RENSTRA) UNY 2018.

“Garuda UNY berada dibawah naungan UKM Rekayasa Teknologi yang tahun ini menyumbang 20% dari keseluruhan prestasi UNY. Mari kita tingkatkan prestasi kita dengan mengikuti KMLI. Minimal Garuda UNY harus menyumbang 100 mahasiswa berprestasi tahun depan. Ini harapan kita semua. Insya Allah Kita bisa dan kita pasti bisa,” tutur Dr. Zainal Arifin, M.T. advisor GUT.

Leave a Reply