News

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) resmi diselenggarakan pada 7 – 11 November 2017 di Kenjeran Park, Surabaya, Jawa Timur. Perlombaan KMHE 2017 ini diselenggarakan oleh kerja sama Kemeristekdikti dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang mempertemukan 80 tim dari tim-tim mobil Urban dan Proto se-Indonesia. KMHE merupakan kontes mobil yang diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya. Tahun lalu KMHE diselenggarakan dengan sukses di Candi Prambanan, DIY. Pada saat itu, tim Garuda UNY menerjunkan mobil Garuda Urban Gasoline 2016 dan sukses meraih peringkat ke lima. Dengan peforma terbaru dan riset yang lebih dalam, Garuda UNY kembali menerjunkan tim mobil Eco dengan mobil terbarunya yaitu Garuda Urban Gasoline 2017.

Garuda UNY Eco Team terdiri dari 7 anggota tim inti dan 18 anggota tim support. Semua anggota tim secara resmi dilepas oleh Bapak Nur Hidayanto, S.H., selaku staff ahli WR III dan juga  perwakilan dari bidang III kemahasiswaan UNY . Pelepasan  dilakukan di hall rektorat UNY pada malam keberangkatan tim pada hari Senin 6 November 2017 pukul 20.00 WIB. Dengan diiringi restu dan doa segenap civitas akademika UNY, tim berangkat dan sampai dengan selamat ke Kenjeran Park, Surabaya pada Selasa, 7 November 2017. Segera setelah tiba, tim langsung mempersiapkan segala alat dan perlengkapan untuk menunjang kesuksesan dan kelancaran selama kompetisi.

Di hari pertama ini, Garuda UNY Eco Team berhasil menyelesaikan tahap pertama kompetisi yaitu Scrutineering. Scrutineering merupakan tahap dimana kendaraan tim diperiksa oleh ahli kendaraan untuk menilai kesesuaian kendaraan dengan regulasi. Scrutineering dilaksanakan dalam 10 tahapan, yang terdiri 9 tahapan statis dan 1 tahapan dinamis. Kesepuluh tahapan tersebut antara lain penimbangan bobot kendaraan, bobot pengemudi, dimensi kendaraan, whearing, resibilitas klakson, diameter stir kemudi dan radius belok. Setelah melalui sepuluh tahapan, tim dinyatakan lolos dengan berhasil memperbaiki koreksian dari panitia segera setelah momen Scrutineering. Setelah diperiksa kembali oleh panitia, Garuda Urban Gasoline 2017 dinyatakan lolos Scrutineering dan berhak lanjut ke tahap berikutnya yaitu Practice yang akan dilaksanakan pada hari ini, Rabu (8/10).

“Untuk hasil hari ini Alhamdulilah kita lancar. Terutama tim Garuda UNY dapat melakukan scrutineering tepat waktu, karena jadwal hari ini kita fokuskan pada scrutineering. Untuk rencana besok, kami sudah mempersiapkan dengan matang untuk menyelesaikan kompetisi hari kedua, harapannya agar besok kita bisa race dengan maksimal juga.” Tutur Ilham Nofi Yoga selaku ketua tim Garuda UNY Eco Team. (Rb-Fb)

Leave a Reply