News

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017 sudah didepan mata. Tersisa satu bulan bagi para calon jawara untuk mempersiapkan mobil hemat energi yang dimilikinya. Bertujuan menciptakan kendaran yang efisien dalam bahan bakar, tidak hanya modal desain dan bahan baku saja yang diperhatikan, namun juga dilengkapi dengan riset dan latihan rutin untuk mengetahui dan memantau kemajuan peforma kendaraan.

Untuk keperluan riset tersebut, Garuda UNY melakukan penyempurnaan pada mobil urban andalannya Garuda Urban Gasoline 17 (UG-17) yang merupakan pembaharuan dari kendaraan tahun sebelumnya (UG-16). UG-17 mulai melakukan latihan dan uji dinamis pada hari Sabtu, (14/10) di Jalur Lintas Selatan, Bambanglipuro, Bantul.

Garuda UNY melakukan uji dinamis sistem kemudi dan rem pada UG-17.”Hari ini kami melakukan uji dinamis kemudi dan rem dengan settingan awal chamber 0.25 pada semua roda dan toe, serta pengkondisian setting rem agar tidak menggesek kaliper. Kami juga menggunakan double silinder yang dikendalikan 1 pedal,” jelas Anggun divisi Sistem Kemudi Rem.

Dengan settingan tersebut, Garuda Urban Gasoline 2017 mampu menggelinding di angka 172 km/liter.”Kami harap latihan selanjutnya bisa men-set kendaraan lebih baik dan menghasilkan daya glinding maksimal yaitu 400 km/liter.” tutup Anggun.

Pada sesi akhir, Yoga, selaku penanggung jawab tim Garuda UNY dalam kompetisi KMHE 2017 mengapresiasi semangat anggota tim nya dalam mempersiapkan kompetisi pada bulan mendatang. Ia juga berharap agar tim nya selalu solid dalam menyelesaikan setiap kendala pada kendaraan. (Rb-Fb)

Leave a Reply