News

Usai menyelesaikan Static Event, Kamis (7/9) tim mobil UNY beralih ke Dynamic Event. Untuk bisa mengikuti Dynamic Event ini tentu melalui perjuangan panjang karena harus melewati beberapa tahapan, yakni Technical Inspection, Driver Escape, Flag Test, Weight, Tilt Test, Noise Test, dan Brake Test. Jika ada satu kekurangan sekecil apapun pada tes tersebut, maka tim harus kembali repair di paddock hingga lolos seluruh tes dan baru bisa mengikuti Dynamic Event.

Dr. Zainal Arifin menyampaikan rasa syukurnya karena Tim Mobil Garuda UNY berhasil menjadi tim pertama dari Indonesia yang mengikuti Dynamic Event. “Alhamdulillah untuk hari pertama kita sudah bisa lolos Technical Inspection dan pagi hari di hari kedua menyelesaikan Tilt Test, Noise Test, dan Brake Test hanya dengan satu kali percobaan dalam waktu 40 menit. “ Tukasnya.

Dynamic Event itu sendiri terdiri dari Acceleration, Skidpad, Autocross, dan Endurance. Tim Mobil Garuda UNY mencapai posisi 24 dengan catatan waktu 4,624 detik untuk Acceleration, peringkat 19 untuk Skidpad dengan capaian waktu 5,320 detik, dan Autocross dengan capaian 1 menit 3 detik menduduki peringkat 35.
“Tentu capaian ini adalah hasil sebuah kerja keras bersama teman-teman seluruh Tim Mobil Garuda UNY. Saya bersyukur bisa berkontribusi untuk tim ini, untuk menjadi bagian dari tim yang sudah menjadi keluarga bagi saya, untuk menjadi bagian dari tim yang “gila” bekerja, yang bahkan tidak mengenal kegiatan lain selain belajar, belajar, kerja, dan kerja sampai terkadang lupa tidur, mandi, dan makan.” Kata Prabasta Berlian, Racer Tim Mobil Garuda UNY.
“Teman-teman teknis sudah optimal untuk set up mobil. Maka saya juga harus memaksimalkan kemampuan saya untuk mencetak catatan waktu terbaik. Sampai titik darah penghabisan.” Tambahnya.

Sementara Endurance dijadwalkan pada hari Jumat dan Sabtu dengan syarat minimal memenuhi 145% dari perolehan waktu tercepat yaitu 55 detik pada event Autocross. Dari 98 tim yang terdaftar, hanya 75 tim yang bisa menyelesaikan Autocross. Namun hanya 67 tim yang bisa memenuhi syarat untuk mengikuti Endurance, termasuk dua tim dari Indonesia, salah satunya Universitas Negeri Yogyakarta. Tim Mobil Garuda UNY memohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Civitas Akademika UNY, agar Tim Mobil Garuda UNY bisa meraih hasil akhir sesuai harapan. (EJ)

Leave a Reply