News

Selasa lalu (5/9) merupakan hari pertama kompetisi Student Formula Japan (SFJ). Tercatat 98 tim dari 8 negara melakukan proses registrasi di Ecopa Stadium, Shizouka Perfecture, Jepang. Tim-tim yang berhasil lolos tersebut langsung melakukan persiapan untuk event pertama, yaitu Technical Inspection (TI). TI merupakan event penting karena para juri akan melakukan inspeksi langsung ke kendaraan dengan mengecek kesesuaian kendaraan dengan regulasi yang telah ditentukan. Garuda UNY dengan mobil formula FG-17 tampil cekatan dengan berhasil menyelesaikan proses TI dalam satu hari saja. Hal ini tentu patut diapresiasi mengingat hari pertama TI hanya ada 30% tim yang lolos, sedang sisanya harus melakukan perbaikan lagi untuk lolos tahap ini.

Setelah lolos TI, tim lalu melakukan proses scrutineering, yaitu Tilt Test, Weigh, Noise dan Brake Test.

“Alhamdulilah, pagi ini (6/9) proses scrutineering berhasil terlaksana dengan baik.” tutur Teguh, ketua Garuda UNY.

Dengan keberhasilan proses TI dan scrutineering, kini tim tengah bersiap melakukan kegiatan selanjutnya yaitu presentasi cost report, business logic plan, dan design report. Cost Report akan disampaikan oleh Deni Restu Widodo, Ardi Maulana Mubarok, Robi Febrianto, Erwin Hanari dan Dwi Agung Yulianto. Sementara Design Report akan dipresentasikan sore ini oleh Robi Febrianto, Teguh Arifin, Deni Restu Widodo, Suratijo dan Mustafit , serta Business Logic Plan oleh Teguh Arifin, Een Juliani, dan Rizki Arumningtyas.
Setelah presentasi tersebut, esok hari tim akan melakukan latihan untuk menghadapi dynamic event, yaitu uji kendaraan di lintasan yang telah ditentukan. Latihan ini dimaksudkan agar kendaraan dan pengemudinya saling menyesuaikan sehingga saat hari-H event, kendaraan melaju mulus dan memperoleh nilai tertinggi. (Fb)

Leave a Reply