News

Tim Mobil Khad Eco Team UMY Sowan ke Garuda UNYTim mobil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berkunjung ke basecamp Garuda UNY pada Rabu (2/8). Mereka berkunjung untuk berbagi ilmu dengan Garuda UNY (GUT). Tim mobil yang bernama Khad Eco Team ini merupakan tim mobil yang berada di bawah naungan Himpunan Teknik Mesin UMY. Mereka telah rutin berkompetisi di Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) dengan mengusung mobil prototype listrik. Mereka tertarik untuk belajar ke GUT yang telah ikut berkompetisi di berbagai perlombaan mobil internasional. Selain itu, tujuan berkunjung ke GUT juga karena berkeinginan mereka untuk mengikuti jejak UNY di ajang Shell-Eco Marathon Asia.
Selain diskusi dan tanya-jawab, tim Khad juga mengunjungi 2 bengkel Garuda UNY untuk melihat secara langsung pembuatan body beserta peralatan yang digunakan dalam pembuatan mobil. Meski Khad Eco Team belum fokus pada pembuatan mobil formula, namun mereka sangat tertarik untuk mengetahui kompetisi mobil formula yang diikuti oleh Garuda UNY. Selama ini, GUT memang terkenal dalam membuat mobil urban dan mobil formula. Selain bertanya kompetisi, mereka juga bertanya mengenai komponen dalam mobil formula.
“Secara konsep, mobil formula sama dengan mobil urban. Hanya saja regulasi dan kompetisinya berbeda. Kompetisi mobil formula mengharuskan untuk ada dynamic event dan static event. Selain itu lintasan yang digunakan juga berbeda. Mobil urban hanya melintas di lintasan lurus sedangkan mobil formula harus melintasi lintasan skid-pad. Tujuan utamanya pun juga berbeda. Mobil urban berlomba untuk melintas paling jauh dengan konsumsi bahan bakar sedikit sedangkan formula berlomba untuk menjadi yang tercepat dalam endurance, maneuver, dan acceleration.” tutur Suratijo saat menjelaskan perbedaan mobil urban dan formula.
“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Garuda UNY yang telah menerima kunjungan kami.” tutup Muhammad Ikrar Bakti Praja perwakilan tim Khad menutup kunjungan kali ini. Setelah dua jam berdiskusi, kunjungan tim Khad diakhiri dengan foto bersama tim Garuda UNY

Leave a Reply