News

Perjuangan tim mobil garuda UNY dalam melakukan inovasi teknologi pada kendaraan terus berlanjut. Kali ini, tim  yang dikenal dengan sebutan Garuda UNY Team (GUT) akan berkompetisi di ajang bergengsi tingkat nasional yaitu Kontes Mobil Hemat Energi tahun 2016. Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) adalah kompetisi mobil kreasi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang diselenggarakan setiap tahun oleh DIKTI. Pada kontes mobil hemat energi ini terdapat dua jenis kategori perlombaan yaitu prototype dan urban, serta juga terdapat pembagian mobil berdasarkan jenis bahan bakar yang digunakan, antara lain gasoline, diesel, listrik, dan etanol.

“Pada KMHE tahun ini, GUT akan mengirimkan satu tim delegasi untuk mengikuti kategori urban dengan bahan bakar gasoline. Oleh karena itu, mobil yang akan berlaga diberi nama “Garuda UNY Urban Gasoline 16”.” Tutur Mifta Saputra selaku ketua delegasi GUT untuk KMHE 2016.

“Bagi kami, kompetisi semacam ini adalah kesempatan emas untuk mengaplikasikan ilmu teori maupun praktik yang didapatkan di bangku perkuliahan. ” Tambah Putra.

Tahun lalu, KMHE diselenggarakan oleh DIKTI bekerjasama dengan Universitas Brawijaya dan dilaksanakan di Malang, sementara tahun ini DIKTI menggandeng Universitas Gadjah Mada sebagai panitia KMHE tahun 2016 dan akan dilaksanakan pada tanggal 1-4 November 2016 di Candi Prambanan, Yogyakarta.

Advisor Garuda UNY Team, Sutiman, S.Pd., M.T. menuturkan bahwa pada dasarnya mobil yang digunakan untuk KMHE tahun ini merupakan modifikasi atau pengembangan dari mobil yang digunakan untuk KMHE tahun lalu. Salah satu contohnya adalah inovasi pada body yang bertujuan untuk mengurangi bobot kendaraan. Sebagai tambahan, terdapat diffuser / lantai bagian bawah kendaraan yang memiliki saluran untuk mengarahkan laju angin di bawah kendaraan agar mengarah pada mesin sehingga diffuser ini berfungsi sebagai pendingin mesin.

“Tujuan dari perubahan yang konstruktif ini tentu agar mencapai hasil kompetisi yang lebih baik dari sebelumnya. “ Tutupnya. (Een)

# Video Profil GarudaUNYUrbanGasoline

1 Comment

Leave a Reply