News

Garuda Hybrid (GH) 16, mobil buatan Garuda UNY Team (GUT) dari Universitas Negeri Yogyakarta, siap mengikuti 2016 International Student Car Competition di Songsan Myun Hwasungsi, Korea Selatan. GUT UNY akan mengikuti kategori hybrid yang terdiri dari beberapa tahap sub kategori yaitu Scrutinering, Acceleration, Manuever dan Endurance. GH 16 membutukan 6 bulan tahap pembuatan dan 2 bulan proses pengujian.

“ Garuda Hybrid 16 ini merupakan hybrid tipe paralel dengan sumber tenaga bisa hanya dari engine, eletrik, atau keduanya. Untuk bagian rangka, ada beberapa perbedaan untuk tahun ini dengan tahun sebelumnya. Bahan rangka tahun ini adalah baja AISI 1020 diameter 25,4 mm, sedangkan pada tahun kemarin bahannya adalah stainless steel diameter 20 mm. Perbedaan ini dilakukan agar bisa menciptakan mobil dengan kontruksi rangka yang kuat dengan berat yang seminim mungkin.”Jelas Anwar Dwi Murwanto, Automotive Designer GUT

Rektor UNY, Rochmat Wahab, mengungkapkan, kebanggaan dan optimismenya terhadap mobil karya GUT. Ia merasa yakin, tahun ini penampilan GUT akan semakin baik dibanding tahun sebelumnya.“Saya rasa ini yang terbaik dari tahun sebelumnya,” tuturnya setelah mengendarai GH 16 melakukan victory lap.

GH 16 ini menggunakan engine 120 cc, dengan sistem penggerak CVT dengan empat penggerak, yaitu roda belakang oleh engine 120 cc, dan penggerak roda depan menggunakan motor listrik masing-masing roda 4 KW (on wheel) dengan baterai 48 Volt. Kecepatan maksimal yang dapat dicapai adalah 120 km/jam dengan didukung oleh teknologi control unit synchronized yang mampu mengatur penyesuaian kecepatan motor listrik dengan motor bensin sehingga kendaraan ini akan mengonsumsi bahan bakar secara efisien tanpa mengurangi performa. Sementara itu, BLDC booster yang diaplikasikan sebagai salah satu teknologi inovasi yang ada pada GH 16 ini akan menambah kecepatan kendaraan saat kategori acceleration, dan endurance sedangkan electric differential akan menambah kelincahan performa kendaraan pada kategori manuever.

Teguh Arifin selaku ketua GUT menambahkan, keikutsertaan GUT dalam kompetisi ini tidak terlepas dari berbagai bentuk dukungan, salah satunya dukungan dari sponsor-sponsor, yaitu Garuda Indonesia Airlines, PT Kawan Lama Sejahtera, Motul, TWA, PT.Yuasa Battery Indonesia, Indonesia Steel Tube Work (ISTW), LMHK, BIESS Injection, Manual Tech, Bengkel Idek, Panatek, IKATO, Autodesk, Indonesia Power, NSK, Keizer Aluminium Wheels, IGUS, Embrelle, Rumah Makan Genduk Wulan, Hallcycle , Jakarta Ban, Hoosier, Pocari Sweat, Jogja Tronik, dan SS. Dalam hal media partner, GURT didukung oleh Kompas, Automagz, RRI Pro 2 Jogja , MMTC, otosia, UCS, Dapur Pacu, dan Net TV.

Dalam kompetisi yang sama tahun 2015, GUT berhasil menjadi Juara Umum dan mendapat gelar Best of the Best, dengan rincian juara satu kategori manuever, dan juara dua pada kategori acceleration dan endurance. Pada ISCC tahun ini, Delegasi UNY yang dijadwalkan berangkat pada tanggal 23 mei 2016, menargetkan capaian juara 1 pada setiap kategori baik itu acceleration, manuever, dan endurance sehingga dapat mempertahankan gelar Best of The Best.

“Kami sangat membutuhkan doa dan dukungan dari seluruh pihak agar kami bisa memberikan hasil yang maksimal, baik itu dukungan dari fakultas, universitas, pemerintah, terutama segenap masyarakat Indonesia, karena kami ke Korea dari Indonesia untuk Indonesia.“ Tutup Teguh. (Een)

1 Comment

Leave a Reply